194 Calon Anggota PPK Pemilu 2019 Ikut Tes Tertulis

Tondano, Sulutlink.com – Calon anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Minahasa yang berjumlah 194 orang, Selasa (6/2/2018) pagi di uji kemampuan melalui Tes Tertulis yang dilaksanakan KPU Minahasa di BPU

Komisioner KPU Minahasa, Kristoforus Ngantung mengatakan ujian tertulis calon anggota PPK diikuti 194 peserta yang tersebar di 25 kecamatan.
“Ujian tes tertulis ini merupakan hasil dari yang lolos berkas sesuai pensyaratan. Nantinya yang dinyatakan lolos ujian tertulis diambil 6 orang. Selanjutnya akan di uji saat tes wawancara yang dilakukan pokja dari KPU untuk diketahui secara mendalam tentang pemahaman mereka tentang kepemiluan dan undang-undang penyelenggaraan Pemilu,” jelas Ngantung.

Lebih lanjut, Ngantung mengatakan, diantara yang mengikuti ujian tertulis itu sebagian sudah menjadi anggota PPK untuk Pemilihan Kepala Daerah 2018. Ada pula anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara). Hal itu memungkinkan karena sesuai peraturan KPU membolehkan anggota PPK pemilihan kepala daerah mencalonkan untuk menjadi calon anggota PPK Pemilu. Khusus masa kerja PPK Pemilu dimulai pada bulan Maret 2018 sampai Mei 2019. Sedangkan PPK pemilihan kepala daerah masa kerjanya dari November 2017 hingga Juli 2018.

Ditambahkan Ngantung yang juga membidangi Divisi SDM dan Partisipasu Masyarakat, bahwa materi ujian peserta PPK Pemilu baik tertulis maupun wawancara berkisar pemahaman dan penguasaan tentang aturan kepemiluan dan integritas seorang calon.

Sementara itu calon PPK Dirkoni Lumintang dan Frengki Sondakh mengaku materi tes tertulis semuanya tentang pemilu dan pengetahuan wilayah KPU Minahasa(herdy)

You must be logged in to post a comment Login