3 Hal Ini Mendapat Perhatian Olly Pada Rembuk Nasional 2017

olly rembuknasManado,  Sulutlink,  Gubernur Sulut Olly Dondokambey memberi perhatian serius terhadap Tiga Point penting terkait pelayanan terhadap Wisman yang masuk di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Orang nomor Satu di Propinsi Sulawesi Utara ini, menyoroti pelayanan dibidang Bea Cukai, Imigrasi dan faktor Keamanan di Bandara Sam Ratulangi Manado yang harus dilakukan perbaikan dan penyesuaian secepat mungkin.

Selama ini menurut Olly, masih ada keluhan Wisman terkait pelayanan Bea Cukai dan Imigrasi yang lambat,  sehingga wisman harus lama menunggu di bandara.  Menurutnya,  faktor penyebab masih kurangnya tenaga pada kedua bidang ini sehingga perlu ditambah lagi.

Permasalahan ini disampaikan Gubernur pada Rembuk Nasional 2017 Bidang Rembuk 11 terkait Membangun Desa Berbasis Pariwisata, Budaya dan Ekonomi  Kreatif,  Pengelolaan Pariwisata Unggulan Nusantara, yang dilaksanakan di Auditorium Unsrat Manado. (25/9).

Tak kalah pentingnya menurut Olly,  Program Pariwisata di Sulut membutuhkan Regulasi yang sangat dibutuhkan dalam mendorong percepatan menjadikan Sulut sebagai Hub Internasional Pariwisata di bagian Utara Indonesia. Seperti penetapan Likupang Kabupaten Minahasa Utara sebagai Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) Pariwisata.

Olly, sadar dengan kemampuan Sulawesi Utara dari segi PAD dibanding daerah lain di Indonesia, sehingga diharapkan sektor pariwisatalah yang boleh mendorong perekonomian di daerah ini yang memiliki multy plyer efek terhadap sektor lainnya.

Rembuk Nasional 2017 Bidang Rembuk 11 diikuti Akademisi,  pemerhati dan pelaku pariwisata, dan Ormas Budaya di Sulut.  Tampak hadir Danrem  Santiago Brigjen Sabar Simanjuntak, Prof. Ellen  Kumaat Rektor Unsrat,  Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana, Wakil Bupati Tanah Toraja., dan Firdaus Ali selaku Ketua Panitia Rembuk Nasional 2017

Juga hadir Irfan Wahid Ketua Bidang Rembuk 11, Kepala SKPD Propinsi dan SKPD Kab. / Kota dan sejumlah mahasiswa Unsrat.  Kegiatan berjalan sukses hingga tahap penyusunan hasil rekomendasi atas kerja keras Agus Supandi selaku Ketua Panitia Lokal Unsrat.(jansen)

You must be logged in to post a comment Login