410 Unit Rumah Program BSPS di Kabupaten Minsel Siap Dibangun

Minsel,Sulutlink.com- Program Kementerian PUPR berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang digulirkan di Kabupaten Minahasa Selatan, sangat membawa manfaat bagi kehidupan rakyat kurang mampu.

Kepala Dinas Prasarana Pemukiman (Praskim) Minsel Franky Mamangkey kepada awak media, Rabu (9/10/2019) diruang kerjanya mengatakan, sekarang ini SK Penetapan 410 unit rumah program BSPS dari Kementerian PUPR telah ada.

Menurutnya, awalnya Kementerian PUPR hanya menetapkan 300 unit rumah BSPS untuk Kabupaten Minsel, akan tetapi karena melalui lobi insentif, maka disetujui ketambahan 110 unit dengan total keseluruhan ada 410 unit rumah.

Ditambahkannya, setiap Kepala Keluarga (KK) penerima akan mendapat dana Rp.17,5 juta yang disalurkan melalui rekening tabungan penerima dan ditransfer ke leverensir/toko penyedia barang untuk pembelian bahan bangunan.

“Dana ini akan dipakai untuk pembelian bahan bangunan dan upah kerja buruh,”ucap mantan Kabag Humas Protokoler Pemkab Minsel.

Dijelaskannya, program BSPS terbagi dua kegiatan yaitu Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) dan Pembangunan Baru Rumah Swadaya (PBRS).

Adapun tahapan program BSPS terdiri dari tahapan sosialiasasi/ penyuluhan, verifikasi calon penerima bantuan, Kesepakatan CPB dan Identifikasi kebutuhan, penyusunan proposal dan setelag disetujui maka akan disalurkan bantuan melalui bank, pengiriman bahan dan pembayaran upah kerja tahap 1dan 2, pelaksanaan kontruksi tahap 1 dan 2. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login