6 Provinsi Berlaga di POPWil V 2018 Sulut

Manado, Sulutlink.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Sulut Drs Edison Humiang MSi dan Staf Ahli Bidang Kerja sama Kelembagaan Kemenpora Drs Chandra Bakti MS, secara bersama melakukan pemukulan tetengkoren sebagai tanda dibukanya kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWil) V tahun 2018, Rabu (28/11/2018) yang dilaksanakan si Hotel Peninsula Manado.

Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) V Tahun 2018 awalnya akan digelar di Palu Sulteng, namun karena daerah tersebut dilanda bencana alam, maka Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mengalihkan kegiatannya di Provinsi Sulut.

Para atlit pelajar yang datang dari 6 Provinsi, akan bertanding di 8 cabang olahraga (cabor) untuk merebut tiket ke POPNas XV yang akan dilaksanakan di Papua.

Asisten 1 Pemprov Sulut Edison Humiang saat membacakan sambutan Gubernur OD mengatakan, kegiatan ini adalah wujud nyata dari kepedulian dan totalitas pengabdian dalam mengiringi gerak pacu pembangunan bangsa di bidang Olahraga.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan POPWil dan menyampaikan selamat datang kepada pelajar serta offical, di bumi Nyiur Melambai

“Olahraga merupakan sarana pembangunan manusia yang sangat efektif dalam menghasilkan manusia – manusia unggul, yang tidak saja sehat secara jasmani namun juga disiplin, sportif, ulet serta pantang menyerah,” kata OD.

Karakter manusia inilah yang kemudian sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia dalam menapaki era globalisasi sekarang ini, sehingga dapat eksis dan tampil terdepan bersama bangsa – bangsa maju lainnya.

Ditambahkan, olahraga merupakan sarana pemersatu bangsa yang sangat efektif karena dalam sejarah perjalanan bangsa indonesia, telah membuktikan bahwa semangat dan keinginan rakyat untuk menyaksikan bumi pertiwi Indonesia mencatatkan prestasi tertinggi di bidang olahraga.

Dan ini telah menghipnotis seluruh komponen bangsa dengan meninggalkan segala bentuk perbedaan yang dimiliki, untuk kemudian saling bahu membahu dan saling mendukung dalam satu kesatuan demi prestasi bangsa.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Daerah Provinsi Sulawesi Utara Marsel M. Sendoh, SH, MSi dalam laporan menyatakan, bahwa Pekan Olahraga Pelajar Wilayah V dilaksanakan pada tanggal 27 – 3 November 2018.

Menurut Sendoh, ada 8 (delapan) Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan yaitu Sepak Bola, Bola Volly, Bola Basket, Sepak Takraw, Tenis, Tenis Meja, Bulutangkis dan Pencak Silat.

Ada enam provinsi dengan masing – masing total Oficial/Pelatih/Atlit pelajar sebanyak  665 orang, dengan rincian Sulawesi Utara 155 orang,  Sulawesi Tengah 151 orang, Maluku 64 orang, Maluku Utara 87 orang, Papua Barat  88 orang dan Gorontalo 120 orang.

Di tempat yang sama Drs. Candra Bakti, MSi menyatakan, bahwa  kemajuan suatu bangsa saat ini diukur melalui 3 indikator yaitu, Ekonomi, Pertahanan serta Olahraga.

“Untuk itu, berbanggalah adik-adik sudah mengikuti pekan olahraga pelajar,” tutup Candra. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login