8 Daerah di Sulut Ini Belum Daftarkan Pegawai Non-ASN Pada BPJS

Sulutlink, Manado. Sebanyak delapan kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) belum mendaftarkan pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK).

“Delapan kabupaten kota yang belum menjaminkan pegawai non-ASN itu yakni Kota Manado, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur,” kata Plt Kepala BPJS-TK Manado Adhi Shafah di Manado, Jumat.

Dia mengatakan dari delapan kabupaten kota tersebut, yang telah melakukan Mou yakni Kota Manado, Minahasa Utara, Bolaang Mongondouw Utara dan Bolaang Mongondouw Selatan.

“Selebihnya masih dalam tahap sosialisasi, dan berharap tahun ini akan dilakukan MoU dengan pemerintah daerah setempat,” katanya.

Ia menjelaskan kabupaten dan kota yang sudah mendaftarkan tenaga non ASN atau honorer yakni Kota Tomohon sebanyak 1.464 peserta, Kota Kotamobagu 1.110 peserta, Kota Bitung sebanyak 1.981 peserta, Kabupaten Minahasa Tenggara 1.132 peserta.

Kemudian, katanya, Kabupaten Minahasa Selatan 103 peserta, Kabupaten Minahasa sebanyak 2.630 peserta, dan Kabupaten Bolaang Mongondouw 722 peserta, serta Pemprov Sulut sebanyak 5.158 peserta.

“Sehingga, secara keseluruhan tenaga honorer yang sudah dijamin oleh BPJSTK yakni sebanyak 14.300 peserta,” jelasnya.

Sebagian besar pemerintah kabupaten dan kota, katanya, menjamin dua program yakni Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

Jika peserta meninggal biasa akan diberikan santunan kematian sebesar Rp24 juta, dan jika meninggal karena kecelakaan kerja akan diberikan santunan 48 kali gaji.

Dan, katanya, bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja, akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJSTK hingga sembuh dan kembali bekerja. (Ant/red)

You must be logged in to post a comment Login