Dinilai Langgar UU No 23/2014 Mendagri “Rumahkan Sementara” Bupati Talaud


Manado,Sulutlink.com- Setelah melalui proses panjang sesuai aturan yang berlaku bagi seorang Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, akhirnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Indonesia menerbitkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian sementara kepada Bupati Sri Wahyumi Manalip (SWM).

Pemberhentian sementara ini dilakukan atas sanksi yang diterapkan kepada SWM karena dianggap melakukan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa izin Mendagri.

Adapun pemberhentian sementara SWM itu berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 131.71-17 Tahun 2018 tentang pemberhentian sementara Bupati Kepulauan Talaud Provinsi Sulut. Dimana dalam ketentuan pasal 76 ayat 1 huruf I dan huruf J UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah yang melakukan perjalanan ke luar negeri atau tanpa izin sebagaimana dimaksud dalam pasal 76 ayat 1 huruf I dikenai sanksi pemberhentian sementara selama 3 bulan oleh Presiden untuk Gubernur dan atau Wakil Gubernur serta oleh Menteri untuk Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan atau Walikota.

Selain SK Mendagri juga berdasarkan surat pernyataan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulut tanggal 12 Desember 2017 Sri Wahyumi Manalip melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (20/1-13/11) tahun 2017 tanpa izin Mendagri.

Adapun isi dari SK Mendagri itu memutuskan dan menetapkan dua hal penting yakni pertama memberhentikan sementara Sri Wahyumi Manalip dari jabatannya sebagai Bupati Talaud, masa jabatan Tahun 2014-2019 selama tiga bulan terhitung sejak tanggal ditetapkan.

Kedua menunjuk saudara Petrus Simon Tuange Wakil Bupati Talaud untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Talaud.

Sementara itu Karo Pemerintah dan Otonomi Daerah Sulut Jemmy Kumendong mengatakan bahwa rencananya Kamis (11/1) besok, surat tersebut akan diserahkan Gubernur ke Sri Wahyumi Manalip.(Nando)

You must be logged in to post a comment Login