Aktivitas Pasar Tondano Dibuka Enam Hari Seminggu

Minahasa-Sulutlink.com-Kabar baik buat warga Tondano dan sekitarnya, khususnya para pedagang yang beraktifitas di pasar Tondano. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Minahasa akan kembali merubah jadwal pasar tondano yang sebelumnya dua hari seminggu dirubah jadi enam hari seminggu.

Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Denny Mangala saat dihubungi media, sabtu (06/06)
mengatakan bahwa aktivitas pasar Tondano akan dibuka selama enam hari setiap minggu.

“Benar, pasar tondano akan diberlakukan aktivitass enam hari seminggu dengan catatan para pedagang akan diberlakukan jadwal ganjil genap, dimana setiap pedagang akan mendapat angka ganjil dan angka genap dengan tujuan para pedagang tidak akan berdesakan di area pasar,” ujar Mangala.

Lebih lanjut Mangala menjelaskan bahwa untuk pedagang tidak tetap akan diberikan tempat tersendiri, “Untuk mengontrol para pedagang yang tidak tetap tempatnya ada dibagian depan dengan menggunakan tenda-tenda payung yang ada” jelas Asisten Denny Mangala.

Diketahui, sejak Pandemi Covid-19, pasar Tondano hanya dibuka dua kali dalam seminggu yakni Senin dan Kamis. Penerapan tersebut dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Disampaikan Mangala, operasional pasar kembali diberlakukan setiap hari, sesuai keputusan Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa melalui Komando Rayon Militer (Koramil)-01/Tondano, dan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa melalui Kepolisian Sektor (Polsek) Tondano, yang melakukan peninjauan ulang dan dilanjutkan dengan sosialisasi guna pemberlakukan kembali aktivitas pasar tiap hari.

“Mulai hari Senin tanggal 8 Juni 2020 oprasional/aktivitas di Pasar Tondano akan dibuka kembali setiap harinya, dan sebelum dibuka, Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa akan melakukan penyemprotan Disinfektan pada pukul 05.00 wita subuh di seputaran pasar, ” ujar Mangala. (Prokla)

You must be logged in to post a comment Login