Aliansi Jurnalis Minahasa Terbentuk

received_1333828869999625-1

KAWANGKOAN, Sulutlink – Wartawan yang kesehariannya melakukan peliputan berita di Kabupaten Minahasa, secara resmi membentuk organisasi yang diberi nama Aliansi Jurnalis Minahasa (AJiM).

Dibentuknya AJiM pada sabtu (12/8/2017) kemarin di Desa Kanonang kecamatan Kawangkoan Barat, didasari oleh kesamaan pandangan para jurnalis media cetak, elektronik hingga media online.

Setelah melalui tahap musyawarah dan mufakat akhirnya para peserta rapat baik penggagas dan anggota memilih dan menetapkan Frangki Wullur, SE.Par sebagai ketua AJim untuk periode dua tahun kedepan atau 2017 – 2019.

Ketua terpilih Aliansi Jurnalis Minahasa (AJiM) Frangki Wullur, yang juga wartawan media online Beritamanado.Com mengaku bersyukur dan bangga atas terbentuknya organisasi wartawan yang ada di kabupaten Minahasa ini.

“Saya sangat terharu dan berterima kasih atas kepercayaan teman – teman semua. Dan siap melaksanakan tanggung jawab yang di percayakan” ucap Wulur

Lanjut Wullur, bahwa sebagai organisasi yang baru terbentuk, tentu masih banyak hal yang harus dilakukan. Utamanya yaitu penyempurnaan administrasi organisasi seperti Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

“Untuk keanggotaan, kami baru sekitar 10 orang. Meski demikian, soal jumlah personil kami rasa itu bukanlah suatu masalah untuk tidak berkarya. Kami terdiri dari media yang berbeda. Akan tetapi justeru dalam perbedaan itu, satu hal yang disadari bahwa kami sebetulnya punya harapan yang sama dalam berbagai aspek,” tutup Frangki Wullur

Sementara itu Staf Khusus Wakil Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel yang juga seorang wartawan senior menyambut baik atas terbentuknya wadah organisasi wartawan di Minahasa, meskipun hanya dalam ruang lingkup lokal. Sebagai bentuk kepedulian, Gobel berkenan memberikan tiga saran penting untuk turut menjadi acuan dalam menjalankan organisasi kedepan.

Pertama. AJiM harus menyelaraskan berita fakta dengan kontrak berita dengan instansi pemerintah. Berita yang masuk dalam dalam lingkaran kontrak kerap kali dikesampingkan bahkan ada yang dihapus atau disembunyikan. Hal tersebut terkait amanah Undang Undang Pers tentang kebebasan pers itu sendiri. Kebebasan pers bukan soal wartawan yang bisa bebas akses berita, namun masyarakat juga punya hak untuk mengetahui berita yang benar.

Kedua. Lakukan edukasi secara familiar tentang jurnalistik yang independen kepada masyarakat dan pemerintah serta pihak swasta. Contoh sederhananya bisa dibuat program pelatihan, agar masyarakat juga dapat memahami apa dan bagaimana dunia jurnalistik itu.

Ketiga. Menjadi sarana untuk mendidik wartawan itu sendiri untuk tetap memiliki sikap independen dan bukan jadi wartawan amplop serta wartawan yang hanya menjadi suara dari pemerintah saja. Dalam menjalankan tugas, seorang wartawan harus mampu mengakomodir kepentingan masyarakat dari semua lapisan.

Frangki Wullur selaku ketua Aliansi Jurnalis Minahasa periode 2017 – 2019 dalam menjalankan organisasi di bantu oleh Sekretaris Herdy Mendur, Bendahara Happy Walangitan dan Bidang – Bidang (rian)

 

You must be logged in to post a comment Login