Anwar Usman Nahkoda Baru Mahkamah Konstitusi

Jakarta,Sulutlink.com – Setelah melalui mekanisme pemungutan suara atau voting oleh sembilan orang hakim Konstitusi, akhir Anwar Usman terpilih sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2018-2020, Senin (2/4/2018).

Juru bicara MK Fajar Laksono mengatakan pada proses itu sosok mantan Wakil ketua MK itu terpilih setelah mendapatkan lima suara dari total sembilan suara hakim konsitusi, atau satu suara dari Suhartoyo.

Adapun kronologi pemilihan ketua MK itu kata Fajar, diawali dari sembilan hakim MK sebelumnya menggelar rapat pleno hakim secara tertutup pukul 08.30 WIB.Kemudian selesai rapat pleno itu sepakat membawa agenda pemilihan ketua MK ke rapat pleno hakim secara terbuka.

“Melalui mekanisme voting dalam rapat pleno hakim terbuka,maka Anwar Usman terpilih sebagai ketua MK periode 2018-2020.”ujar Fajar sambil menambahkan Anwar Usman sendiri mengantikan Arief Hidayat yang telah mengakhiri masa jabatanya sebagai hakim konsitusi periode 2013-2018.

Dia menambahkan Arief Hidayat tidak bisa maju lagi jadi dalam pencalonan ketua MK, karena tidak memiliki hak untuk dipilih kembali. Sebab, Arief sudah dua kali dipilih sebagai ketua MK, yakni pada 2015 dan 2017 lalu.

Hal ini sesuai dengan Pasal 4 Ayat 3a Undang-Undang MK dan Pasal 2 Ayat 6 PMK Nomor 3 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua MK.

“Pelantikkan ketua baru MK akan dilangsungkan mulai pukul 15.00 WIB di Gedung MK oleh Wakil Presiden RI dan dihadiri para pejabat tinggi negara.(Nando/Humas MK)

You must be logged in to post a comment Login