Badan Keuangan Minut Sinkronkan Data PBB

Minut,  Sulutlink.   Badan Keuangan Kabupaten Minahasa Utara melakukan sinkronisasi Data Pajak Bumi Bangunan Tahun 2017 diseluruh Desa / Kelurahan, bertempat di Sutanraja Hotel, Minahasa Utara. (12/12).

Dijelaskan Julie Uguy, SH.  Kabid Pendataan dan Pendaftaran Badan Keuangan Kabupaten Minahasa Utara. Tujuannya agar ada kesamaan Data pelunasan PBB baik yang ada di Desa dengan Data yang dimiliki Badan Keuangan.

Diakuinya,  data realisasi PBB yang dipegang Pemerintah Desa / Kelurahan terdapat selisih dengan yang tercatat di Bank maupun yang ada di Badan Keuangan. Maka itu,  perlu dilakukan sinkronisasi.

Ditambahkan Uguy,  dari target PBB Tahun 2017 sesuai SPPT Rp. 4,8 Miliar, dan hingga pertengahan bulan Desember ini terealisasi Rp.  3.996 Miliar atau setara 83,6 %.  Sehingga pihaknya masih mengejar target Rp.  800 Juta-an hingga akhir bulan Desember ini.

Ada beberapa kendala yang ditemui dilapangan, dalam merealisasikan penarikan PBB.  Diantaranya, WP pajak sulit ditemui atau tidak bertempat tinggal di Minahasa Utara, Terdapat Pajak Ganda, dan Masih banyak Objek Pajak yang belum terdata.

Untuk memaksimalkan potensi penerimaan PBB,  pihak Badan Keuangan telah melakukan pendataan masal di Kecamatan  Kauditan, Kalawat,  dan Talawaan. Sinkronisasi ini diikuti seluruh pengolah data PBB Desa / Kelurahan se Kabupaten Minahasa Utara. ( jansen )

 

You must be logged in to post a comment Login