Bahaya..! Penyakit Ini Mengitip Pengguna Medsos

images(15)

 

 

 

 

 

 

 

Manado, Sulutlink.   Harus diwaspadai, ternyata pengguna Media Sosial (Medsos)  rawan mengalami gangguan pada kesehatan baik secara fisik maupun pengaruh pada perilaku ketergantungan yang kronis.

Dari Total penduduk Indonesia 255 Juta ternyata lebih banyak dari jumlah Handphone beredar 320 Juta HP, kemudian ada 130 Juta terkoneksi Internet dan 74 % -nya sebagai pengguna Medsos.

Secara global, dari penduduk Dunia 7.272 Miliar, pengguna Internet 41 %, Pengguna Medsos 28 %.  Setiap 2X24 Jam ada 1 Milir Tweet yang diposting,  293 Ribu /detik mengupdate status di FB,  dan ada 571 Website yang dibuat setiap hari,  3 Miliar Blog Online yang dibuat setiap Bulan.

Seperti yang dipaparkan Dr. Ismail Cawindu, MSi.  Staf Alhi IKP Kementrian Kominfo dalam Workshop  Manado Cerdas Anti HOAX (9/8) kemarin di Grand Puri Hotel Karombasan Kota Manado, ada sejumlah dampak kesehatan pada pengguna Media Sosial.

Hasil penelitian yang dilakukan para ahli menemukan bahwa setiap seseorang yang menggunakan Medsos maka secara otomatis Otak memproduksi bahan kimia Dopamin. Di dunia medis, Dopamin dikenal sebagai zat yang mengakibatkan Ketergantungan.

Jadi kata lainnya, pengguna Medsos tidak jauh bedanya dengan para perokok, peminum minuman keras bahkan seperti seseorang yang mengalami ketergantungan pada Zat Adiktif lainya atau NARKOB.

Sehingga mendorong otak kita untuk secara terus – menerus menggunakan Medsos,  menjadi ketagihan dan rasanya hampa hidup tanpa melihat Medsos, kemudian  dapat berakhir dengan Depresi.

Ancaman penyakit lain adalah, rentan terkena penyakit tulang belakang,  karena setiap kali menggunakan Medsos baik sedang jalan atau duduk pasti posisi kita terus-terus menunduk melihat HP kita, tanpa terasa hal ini berlangsung setiap hari bahka  berjam-jam lamanya.  Akibatnya posisi tulang belakang kita akan melengkung.

Menurut Cawindu, solusinya adalah : Kurangi ketergantungan pada HP,  Menggunakan  Medsos pada saat tertentu saja,  Menghargai tamu atau orang yang sedang berbicara dengan tidak melihat-lihat HP kita,  Miliki Medsos cukup 1 saja, Gunakan pulsa secara efisien,  terakhir Jangan mengupdate suasana hati yang sedang galau. (jansen)

 

 

 

 

 

You must be logged in to post a comment Login