Bantuan Kapal Penyeberangan Solusi Keluhan Masyarakat Kepulauan dan Pulau Kecil di Sulut

Pemprov, Sulutlink.com – Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) khususnya masyarakat di wilayah kepulauan dan Pulau Kecil Nusa Utara dan sekitarnya mendapat bantuan Kapal Penyeberangan dengan nama SaNus 109. Bantuan kapal ini atas perjuangan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw (OD-SK).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut Lynda Watania menjelaskan, kapal penyebrangan tersebut berkapasitas 1250 GT.

Lynda Watania
Kepala Dishub Sulut Lynda Watania, ketika menerima bantuan kapal penyebrangan dari pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

“Bantuan kapal dari pemerintah pusat itu, sudah sampai di Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe dari Batam,”

Menurut Watania, kapal baru Sabuk Nusantara (SaNus) 109 ini akan memperlancar layanan transportasi laut antar di wilayah kepulauan dan pulau kecil. Rute kapal akan melewati daerah yang tidak dapat disinggahi oleh kapal-kapal sebelumnya yang berkapasitas kapasitas 2000 GT.

“Kalau bukan pak gubernur dan pak wagub (OD-SK,red) mungkin kapal ini diterima provinsi lain,” ujar Watania.

Watania menambahkan, kapal yang akan dikelola Pelni ini, akan layani rute Lipang, Bukide, Matutuang, Kawio, Marore, Kawulaso, Petta, Para, Pehe, Makelehi, Tagulandang, Biaro, Kahakitang, Lipang, Tahuna, Bitung, dan Amurang

“Jadi masyarakat kepulauan tidak ada lagi yang mengeluhkan belum adanya transportasi laut,”tukas Lynda

Utamanya Kapal SaNus 109 melengkapi sejumlah kapal yang telah berada di Sulut sebanyak tiga unit kapal 2000 GT, satu unit kapal 1200 GT dan ada lagi satu unit kapal SaNus 69 yang saat ini sementara docking.

redaksi2Supit Oktober 20 2019

You must be logged in to post a comment Login