Bart Assa Dijagokan Calon Kuat Sekot , Pangkerego Kuda Hitam Poenya Jaringan di KASN

Manado, Sulutlink.com– Setelah melalui seleksi administrasi yang super ketat, ada lima dari enam calon Sekretaris Kota (Sekot)  Manado dinyatakan lolos administrasi.  Data yang diperoleh lewat jumpa pers (12/09/2018), kelima orang ini nantinya akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni, assessment.

Adapun kelima orang ini masing masing Pieter Karl Bart Assa Msc Phd, yang saat ini menjabat Sekda Kota Manado, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Micler Lakat SH MH, Kadis Ketahanan Pangan Ir Philips Sondakh, Kasatpol PP , Drs Xaverius Runtuwene dan satu pejabat dari Pemkab Minut, Femmy Pangkerego Med Mpd yang merupakan mantan Kepala Dinas Pariwisata di Minut.

“Dari hasil selekai berkas satu orang dinyatakan tidak memenuhi syarat yaitu Bapak Drs Musa Hans Tinangon karena tidak memasukkan beberapa persyaratan berkas yang diminta,” ujar tim panitia seleksi, Drs Arnold Kewas Msi.

Menurut mantan Sekot Manado ini, usai dinyatakan lolos seleksi administrasi, kelima orang ini akan mengikuti tahapan assessment yang akan dilaksanakan Kamis (13/9/2018) besok, di BKN Regional Sulut di Mapanget.

“Tahapan selanjutnya adalah penulisan makalah pada tanggal 24 September mendatang dan besoknya tanggal 25 dilanjutkan tahapan wawancara,” ujarnya.

Lebih jauh katanya, dari semua tahapan seleksi nantinya akan dijaring tiga besar dari para calon Sekot Manado. Dan ketiga nama ini kemudian akan diajukan ke Walikota Manado, hingga  tembusan Gubernur Sulut, dan kemudian dilanjutkan ke KASN untuk diperoleh rekomendasi.

“Setelah proses tersebut dilewati, Walikota Manado kemudian akan mengeluarkan SK (Surat Keputusan) untuk menetapkan Sekda definitif. Dan diperkirakan paling lambat 20 Oktober sudah ada Sekot definitif,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, sejumlah Kepala SKPD yang berada di Pemkot Manado lebih menjagokan Bart Assa untuk menempati posisi strategi tersebut. Dimana, birokrat handal ini jam terbangya sudah tinggi bahkan berpengalaman sehingga menjadi satu-satunya calon Sekot yang diunggulkan dari keempat calon lain.

“Beliau dekat dan memiliki hubungan bagus dengan Pemerintah Provinsi terutama dengan Pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Apalagi, Bart Assa merupakan orang kepercayaan Walikota GS Vicky Lumentut yang memiliki visi dan misi cerdas melebihi rekan-rekan lain,” ucap beberapa Kepala SKPD.

Di tempat terpisah, ada pendatang baru yang memasuki bahkan mampu menerobos jaringan Pemerintah Kota Manado yakni, Femmy Pangkerego Med, Mpd.  Dimana sosok yang humoris dan pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara ini memiliki hubungan spesial dengan Kepala KASN pusat.

“Ibu Femmy pasti lolos tiga besar karena jaringanya sangat kuat di pusat. Apalagi rekan-rekannya adalah orang-orang besar disana,” koar sumber resmi media online ini.

Sekedar diketahui, panitia seleksi penjaringan calon Sekretaris Kota terdiri atas, Prof. DR. Treesje K Londa, M.Si sebagai ketua, sekretaris DR. Femmy Suluh, M.Si, anggota Drs. Arnold Kewas, DR. Herry Runtuwene, STh, M.Si, DR. Ferry Liando, S.IP, M.Si, DR Tommy Sumakul, SH, MH dan Roy Lengkong, STh. Sebagian besar adalah dosen Unsrat dan mantan birokrat.

(ONAL GAMPU)

You must be logged in to post a comment Login