Basarnas Manado Kerahkan 94 Personel Hadapi Lebaran

Minahasa Utara, Sulutlink.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado mengerahkan 94 personel untuk siaga dalam menghadapi Lebaran 2020.

Kepala Basarnas Manado Suhri Sinaga di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Minggu, mengatakan untuk siaga SAR Khusus Lebaran tahun ini diinstruksikan dari pusat, bahwa tidak ada patroli.

“Dilakukan adalah siaga mandiri yaitu stand by di kantor,” kata Sinaga, pada Apel Siaga SAR Khusus Lebaran Basarnas Manado.

Namun, katanya, patroli bisa dilaksanakan apabila ada arahan dari KasiopsĀ sebagai hasil koordinasi dengan pelabuhan dan bandara sesuai situasi dan kondisi dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19.

“Untuk meningkatkan pelayanan Search and Rescue (SAR) di tengah pandemi yang melanda masyarakat saat ini, dalam menjalankan operasi SAR, personel harus dilengkapi dengan APD COVID-19 dalam penanganan korban di lapangan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Pada Apel Siaga SAR khusus Lebaran tersebut, juga dilakukan pelepasan personel dan alat utama. Siaga SAR Khusus Lebaran akan berlangsung 15 hari dimulai 17 Mei hinga 1 Juni 2020. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login