Begini Cara Bupati Tetty Paruntu Atasi Pengangguran di Minsel

Minsel,Sulutlink.com- Pemerintahan Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar (FDW), dinilai berhasil menekan angka pengangguran di Kabupaten Minahasa Selatan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Minsel Sonny Maleke kepada awak media, Selasa (4/2/2020) diruang kerjanya mengatakan, dalam tiga tahun terakhir berdasarkan data BPS, jumlah pengangguran di Kabupaten Minsel mengalami penurunan yang signifikan.

Menurutnya, pada tahun 2017 angka pengangguran terbuka 7,58 persen dan angka setengah pengangguran 10,78 persen. Sementara ditahun 2018 terjadi penurunan 5,93 persen, sedangkan ditahun 2019 BPS belum menyajikannya.

Ditambahkannya, salah satu indikator dapat ditekannya angka pengangguran, dipengaruhi oleh naiknya jumlah investasi yang masuk dan melakukan kegiatan usaha di Kabupaten Minsel.

Dijelaskannya, tercatat di Kabupaten Minsel ada 332 perusahaan yang aktif bergerak, dengan serapan tenaga kerja 4.570 orang yang terdiri dari 3.099 naker laki-laki dan 1.471 naker perempuan.

Diketahui kualifikasi lapangan usaha meliputi bidang pertanian, peternakan, kehutanan, perburuan, perikanaan, pertambangan/penggalian, industri pengolahan, listrik, gas, air, bangunan, perdagangan besar/eceran, rumah makan, hotel, angkutan, perdagangan, komunikasi, keuangan, asuransi, usaha persewahan bangunan, sewa tanah dan jasa perusahaan serta jasa kemasyarakatan sosial/perorangan.
(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login