Brigade Alsintan Kawal Upsus Jagung Di Minahasa Utara

Vonny A. Panambunan Bupati Minahasa Utara
Vonny A. Panambunan Bupati Minahasa Utara

Sulutlink, Minut.  Brigade Alsintan di Kabupaten Minahasa Utara siap mengawal dan mengsukseskan progran Upaya Khusus (UPSUS) Produksi Jagung di Minut.

Seperti dikatakan Ir. Yoseph A. Aliks Kepala Dinas Pertanian Minut melalui Ir. Sisca Rumagit Kabid Pangan bahwa target 50 Ha. tanaman Jagung di tahun 2017 optimis tercapai dengan dibagikannya bibit jagung sebanyak 375 Kg. terdiri dari bibit Jagung Hibryda 225 Kg. dan bibit Jagung Litbang 150 Kg. kepada setiap kelompok tani.

Masing-masing Kelompok Tani dibekali 15 Kg bibit Jagung per Hektar untuk 2 Kali musim tanam April & September (Asep) dengan total 25 Ha. Per Kelompok.

Untuk menunjang suksesnya UPSUS Jagung di Minut maka telah dibentuk Brigade Alsintan yang tersebar di 10 BPP tiap kecamatan berupa peralatan Traktor, Hand Traktor dan Mesin Pemipil Jagung, saat ini peralatan Hand Traktor telah siap untuk dioperasikan sebanyak 40 Unit sementara yang lain dalam peroses perjalanan,  dan ini hasil kerja keras Bupati Vonny Aneke Panambunan melobi Kementrian Pertanian.

Kata Sisca, Tugas Brigade Alsintan nantinya yang berada di tiap-tiap Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan sebagai koordinator, kemudian biaya operasionalnya menjadi tanggung jawab Kelompok Tani pemakai atau yang peminjam sesuai kontrak kerja.

Hal ini berbeda dari pola bantuan peralatan pertanian ditahun – tahun sebelumnya dimana langsung kepada kelompok tani tertentu saja,  sehingga sulit bagi kelompok tani lain untuk menggunakannya, dengan sistem Brigade Alsintan maka pengelolahnya ada di BPP tiap Kecamatan. ( jansen)

 

You must be logged in to post a comment Login