BUPATI MINTA MASYARAKAT SANGIHE KEMBANGKAN TANAMAN ABAKA

Sulut, Tahuna, Sulutlink.com – Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana meminta masyarakat setempat untuk mengembangkan tanaman Abaka yang dibutuhkan sebagai bahan baku pembuatan kain.

“Saya minta masyarakat Sangihe agar mengembangkan tanaman Abaka,” kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Minggu.

Menurut dia, tanaman Abaka atau dalam bahasa setempat disebut “Hote” saat ini sangat berguna dan dibutuhkan sebagai bahan baku pembuatan kain.

“Abaka sebelumnya hanya menjadi tanaman liar, saat ini sangat bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan kain ‘Kofo’ asal Sangihe,” katanya.

Dia mengatakan, kain Kofo saat ini sudah bisa ditenun atau diproduksi di Sangihe khususnya di kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara.

“Badan usaha milik desa Kampung Lenganeng saat ini sudah bisa memproduksi kain Kofo yang dibuat dari serat pohon Abaka,” katanya.

Dia berharap dengan dimulainya produksi kain Kofo di kampung Lenganeng, tanaman Abaka terus di budidayakan oleh masyarakat.

“Saya berharap, masyarakat di wilayah Kepulauan Sangihe terus membudidayakan tanaman Abaka untuk dijadikan bahan baku kain Kofo,” kata Bupati Sangihe. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login