Bupati ROR : Pacuan Bukan Olahraga Yang Asing Bagi Masyarakat Minahasa

Lomba Pacuan Kuda di Tompaso kabupaten Minahasa

Tondano,Sulutlink.com – Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati Minahasa digelar Pemkab Minahasa melalui panitia pelaksana untuk memeriahkan HUT Minahasa.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (3/11/2018) siang hingga selesai menjelang malam hari di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso dihadiri Bupati Minahasa, Royke O. Roring (ROR), Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, SIK, mewakili dari Kodam Letkol Inf. Ketut Sodana, Ketua Pengprov Pordasi Sulut Ferry Wowor, Kadispora Provinsi Sulut Marcel Sendoh, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Refly Ngantung, Kaban Kesbangpol Sulut Mecky Onibala, Pimpinan BRI Cabang Tondano, Pimpinan Bank SulutGo cabang Tondano, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Seluruh Peserta dan para pecinta olahraga berkuda

Di awali laporan Ketua Panitia Penyelenggara Denny Mangala, yang mengatakan bahwa kejuaraan berkuda, roda sapi dan bendi kalaper ini terdiri dari kuda pacu dipertandingkan 10 kelas, roda sapi, 7 kelas, bendi kalaper 3 kelas. Kuda pacu yang ikut dalam kejuaraan ini sebanyak 77 Ekor, Roda Sapi sebanyak 50 Ekor dan Kuda Kalaper sebanyak 14 Ekor. Daerah yang ikut serta dalam kejuaraan berkuda ini sebanyak 12 daerah.

Bupati Royke O.Roring memberikan sambutan di Gelanggang Pacuan Kuda Tompaso (sabtu,3 november 2018)

Sementara Bupati Minahasa Royke Roring menyampaikan kita bersyukur Kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper boleh digelar di kabupaten Minahasa.

“Selaku Bupati Minahasa sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Panitia Pelaksana atas pelaksanaan lomba ini yang bertepatan dengan Hari Jadi Minahasa ke-590.”ucap ROR

Dikatakan Bupati Royke Roring bahwa Pacuan Kuda bukanlah olahraga yang asing bagi masyarakat Minahasa, ini malah telah menjadi bagian dari sejarah perkembangan daerah Minahasa. Untuk itu sangat tepat, apabila kejuaraan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Jadi Minahasa, karena dari historis perkembangan daerah, Pacuan Kuda, Pacuan Roda Sapi dan Bendi Kalaper selain telah menjadi hiburan bagi masyarakat juga sebagai alat bantu dalam melaksanakan pekerjaan maupun aktivitas ekonomi
sehari-hari.

Ditambahkan Bupati Roring kiranya Lomba Pacuan Kuda ini dapat meningkatkan prestasi olahraga Berkuda Minahasa dan Sulawesi Utara di event nasional maupun internasional.

Selain itu, Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper juga diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perkembangan pariwisata daerah.

“Saya berkeyakinan, kedepannya olahraga ini akan berdampak positif bagi kemajuan masyarakat dan daerah terutama dapat menghasilkan bibit – bibit unggul yang bermuara pada prestasi serta menjadi kebanggaan kita semua.”pungkas Bupati Roring sembari berucap Selamat bertanding, selamat berlomba, Tuhan memberkati.(herdy)

You must be logged in to post a comment Login