Bupati ROR Terima Penghargaan Mendukung Penerapan One Health Program Emerging Pandemic Threats – EPT2

Minahasa,Sulutlink.com- Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si, usai hadiri acara CAFEO 37, selaku Ketua PII Sulut, berkesempatan hadir di acara kerja sama Pemerintah Indonesia FAO-USAID dalam mendukung pencegahan dan pengendalian ancaman pandemi global, Kamis (12/9/2019) di Jakarta.

Bupati ROR juga menerima penghargaan, sebagai Pemerintah Daerah yang mendukung penerapan One Health Program Emerging Pandemic Threats – EPT2, yang diserahkan oleh Stephen Rugard Kepala Perwakilan Badan Pangan dan Pertanian Persikatan Bangsa-Bangsa (FAO) Indonesia.

Acara yang dibuka oleh Dirjen Petenakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, DR.Drh. I.Ketut Diarmita.MP oleh Organisasi Pangan Dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO), memberikan apresiasi kepada Bupati Minahasa serta memberikan ucapan selamat, dalam mendukung program pencegahan dan pengendalian ancaman pandemi global serta penerapan One Health Program Emerging Pandemic Threats EPT2.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan informasi dalam pencegahan dan menangani penyakit baru yang muncul dari hewan yang bisa mengancam kesehatan manusia tepat pada sumbernya dan EPT-2 mendukung Peraturan Kesehatan Internasional dan meningkatkan kapasitas Indonesia untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons ancaman penyakit menular, yang merupakan tujuan utama dari Global Health serta penyusunan prioritas strategis dalam pencegahan, deteksi dan respons kesehatan masyarakat dan ancaman penyakit yang menjadi perhatian bersama.

Program EPT-2 dikelola oleh USAID yang bekerjasama secara teknis dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Selain kemitraan ini, USAID juga memiliki program yang memberikan dukungan teknis tambahan PREDICT-2, One Health Workforce (OHW), dan Kesiagaan and Respons (P & R). (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login