BUPATI SANGIHE: PESTA TULUDE JADI AGENDA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT

Jabes Gaghana, Bupati Kepulauan Sangihe. ANTARA/Jerusalem. (1)

Sulut, Tahuna, 10/2 Sulutlink – Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana mengatakan, pesta adat Tulude sudah menjadi agenda pemerintah dan masyarakat.

“Pelaksanaan pesta adat Tulude saat ini sudah menjadi agenda pemerintah dan masyarakat termasuk pihak gereja,” kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Senin.

Menurut Bupati, melalui pelaksanaan adat Tulude, pemerintah dan masyarakat mampu mensyukuri atas pemeliharaan Tuhan sepanjang tahun yang lampau.

“Melalui pelaksanaan pesta adat Tulude, masyarakat menyampaikan syukur atas pertolongan dan penyertaan Tuhan sepanjang tahun yang sudah berlalu sehingga diberi kesempatan memasuki tahun yang baru,” kata Bupati.

Selain itu, kata Bupati, sebagai masyarakat dan pemerintah harus memeriksa kehidupan pribadi masing-masing dan memohon ampun atas segala pelanggaran dan dosa agar diberkati dalam kehidupan di tahun baru yang sementara dijalani.

Tulude saat ini, kata Bupati, bukan hanya dirayakan oleh masyarakat di Sangihe dan Sitaro serta Talaud, tapi sudah menjadi agenda masyarakat di beberapa daerah.

“Sebagai masyarakat Sangihe kita harus bersyukur sebab Tulude bukan saja menjadi pesta adat masyarakat di Sangihe tapi sudah menjadi agenda rutin pemerintah dan masyarakat di banyak daerah yang ada di Indonesia,” kata Bupati. (ANT/RT)

You must be logged in to post a comment Login