Bupati Sebut Kepedulian Sumonder California USA Bantu Kebersihan Memotivasi Semua

Sonder, Sulutlink.com – “Ini memotivasi yang lain. Turis Tiongkok yang melihat akan berkata wow…”, ujar Bupati Minahasa Ir. Roy Oktavianus Roring M.Si yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa Agustivo Tumundo, SE., M.Si, usai membuka secara resmi kegiatan ‘Sosialisasi Bahaya Sampah dan Limbah Plastik’ yang digulir oleh Sumonder California bekerja sama dengan Fareck Community Sonder, serta penyerahan 30 Tempat Sampah dari Sumonder California USA kepada Pemerintah Minahasa dan diteruskan kepada Pemerintah Desa Sendangan, pada Jumat (8/3) baru saja.

Pasangan dari Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si itu menyatakan bahwa kepedulian terhadap Lingkungan dan Pariwisata ini, turut memotivasi masyarakat Minahasa lainnya di America seperti Kawangkoan, Tondano, Langowan, dll, sekaligus berterima kasih. “Kami mengucapkan banyak selamat, sekaligus apresiasi kepada Sumonder California USA, Fareck Community, Pemerintah Kecamatan Sonder, Pemerintah dan Warga Desa Sendangan”, katanya lagi.

Penyerahan Tempat Sampah Gelombang Pertama sebanyak 30 Tong, dilakukan oleh Perwakilan Sumonder California USA Jeinner J. Rawung, S.Psi., M.Pd kepada Bupati Minahasa, kemudian setelah diterima, Camat Sonder Drs. Rouldy Mewoh menyerahkan kepada Hukum Tua Desa Sendangan Eddy Rampi. Setelah itu Sosialisasi dan Penyuluhan dilaksanakan.

Kabid Pengendalian Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Minahasa Feibie Karisoh, SP, M.Si saat berbicara mengurai bahwa masyarakat wajib mengelola dan mengurangi sampah dengan memperhatikan dampak lingkungan. Tempat sampah atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bukan jalan keluar, pengelolaan sampah itulah yang paling penting. Karisoh yang hadir bersama Sekretaris BLH Minahasa Ir. Fidel Mailangkay mengapresiasi kerja nyata Sumonder California USA dan Fareck Community.

Begitu juga, Tumundo yang didampingi Kepala Bidang Promosi Disbudpar Minahasa Pfifner Kanisius Parengkuan, SH dan Kabid Kebudayaan Melisa Rondonuwu, SP berharap tempat Taman Eman sebagai salah satu destinasi Wisata Rekreasi, dapat terus dijaga lingkungannya bahkan dikembangkan. Tong sampah yang diserahkan juga diberi tanda. “Tong sampah dipakai cap, supaya nyata ini adalah kepedulian Warga Sonder di luar negeri dan bukan bersumber dari Dana Desa”, katanya sambil tersenyum. Setelah itu ada presentasi dari BPR Puspa oleh Manager Cherry Punu.

Mewoh yang telah membidani Pemerintahan di Kecematan Sonder selama beberapa tahun ini, bangga dengan hal positif tersebut, dan berharap itu menjadi contoh bagi Desa-Desa lain. “Kami sangat mengapresias. Semoga bukan hanya di Sendangan tapi menyeluruh di 19 Desa di Kecamatan Sonder”, katanya. “Terima kasih kami menyampaikan kepada Pengurus Sumonder California”, pungkasnya. Ketua Fareck Community Donny Menayang pun, berterima kasih atas kepercayaan Sumonder California USA yang diketuai Hen Mendur, mengorganisasi acara yang relative besar itu, termasuk Taman Eman Sonder dan juga Polsek Sonder. (RED)

 

You must be logged in to post a comment Login