Bupati Tetty Paruntu Hadiri Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Minsel, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Selatan DR Christiany Eugenia Paruntu,SE (CEP) menghadiri acara Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day (WNTD) 2019, Kamis (11/7/2019) yang dilaksanakan di Auditorium Siwabbessy Kementerian Kesehatan, Republik Indonesia Jakarta.

Kegiatan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day (WNTD) 2019 dibuka oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K).

Bupati yang didampingi Kadis Kesehatan dr. Erwin Schoten dan Kabag Humas dan Protokol Altin Sualang, SSTP, MPA diundang oleh Menteri Kesehatan sehubungan Kabupaten Minsel, merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang telah memiliki Peraturan Daerah tentang kawasan merokok.

Menteri Kesehatan Prof. DR. dr. Nila Moeloek, Sp.M (k) dalam sambutannya mengatakan, bahwa angka harapan hidup masyarakat Indonesia adalah 71 tahun 4 bulan, sementara umur sehat masyarakat adalah 62 tahun.

Menurutnya, pada tahun 2016 perokok pemula adalah 37%, sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 57%.

Dijelaskannya, kampanye ini meliputi dampak negatif tembakau terhadap kesehatan paru-paru manusia, mulai dari kanker hingga penyakit pernapasan kronis.

“Kampanye tahunan ini berfungsi untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau dan paparan asap rokok,”ucap Menteri.

Dalam kesempatan terpisah Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab), menghimbau seluruh ASN di jajaran Pemkab Minsel untuk tidak merokok di lingkungan kantor, fasilitas umum, sekolah dan tempat ibadah.(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login