BWS Sulawesi I Telah Bebaskan 148 Bidang Tanah Untuk Pembangunan Waduk Kuwil

Manado,Sulutlink.com- Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) I Ditjen SDA Kementerian PUPR sampai medio Maret 2019 telah melakukan pembebasan 148 bidang tanah untuk lahan pembangunan Waduk Kuwil.

PPK Pembayaran Tanah Roni Rudson saat ditemui diruangan kerjanya oleh awak media mengatakan, pada penentuan lokasi (Penlok) BWSS I menetapkan 181 bidang tanah yang harus dibebaskan untuk pembangunan waduk Kuwil.

Menurutnya, untuk kepentingan pembangunan waduk Kuwil, saat ini kami sudah melakukan pembebasan 148 bidang tanah dari rencana 181 bidang yang telah tetapkan dalam penentuan lokasi (Penlok).

Ditambahkannya, luasan keseluruhan lahan yang dibutuhkan pada pembangunan waduk Kuwil adalah 313 hektar.

“Diperkirakan untuk pembebasan tanah dari luasan lahan yang direncanakan pada pembangunan waduk Kuwil sudah masuk diatas 80 persen,”ucap Rudson.

Dijelaskannya, sampai saat ini penyerapan anggaran untuk pembayaran pembebasan tanah di pembangunan waduk Kuwil telah mencapai Rp.156 miliar.

Roni Rudson juga mengajak masyarakat yang tanahnya masuk dalam penentuan lokasi pembangunan waduk Kuwil untuk kiranya dapat mendukung proyek naaional ini dengan merelakan pelepasan hak atas tanah yang dikuasinya.

“Apabila semua berkas persyaratan untuk pembebasan lahan telah sesuai aturan, maka kami BWSS I langsung memberikan rekomendasi untuk pencairan dananya,”ucap Rudson.
(JoTam)

You must be logged in to post a comment Login