Cara Meningkatkan Efektivitas Masker

Manado, Sulutlink.com – Banyak jenis masker yang digunakan disaat pandemi ini, bahkan masker berkembang menjadi trend fashion dan mengalami berbagai perubahan, namun demikian tak semua masker memiliki perlindungan yang sama.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, CDC (Centers for Disease Control) mengingatkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efektivitas masker. Pertama dan yang utama, pastikan masker pas dengan wajah Anda. Adanya celah bisa membuat udara yang mengandung tetesan pernapasan atau droplet masuk dan keluar.

Berikut beberapa cara meningkatkan efektivitas masker yang disarankan CDC.

1. Pilih Masker dengan Kawat Hidung

Kawat hidung mencegah udara bocor pada bagian atas masker. Tekuk kawat hidung agar masker pas dengan wajah Anda. Umumnya, semua masker medis telah memiliki kawat pada bagian atas atau yang tepat menutupi bagian hidung.

2. Gunakan Mask Filter atau Brace

Gunakan pelindung atau penjepit masker untuk mencegah udara bocor di sekitar tepi masker.

3. Periksa apakah masker sudah pas di hidung, mulut, dan dagu

Periksa celah dengan menaruh kedua tangan di area pipi yang berdekatan dengan telinga atau di area yang tidak tertutupi masker. Pastikan tidak ada udara yang mengalir di dekat mata atau dari sekitar tepi masker.

Jika masker sudah pas, maka Anda akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker.

4. Masker ganda

Gunakan masker kain dengan masker medis secara bersamaan. Simpan masker medis di dalam masker kain. Pastikan juga bahwa Anda dapat bernapas dengan mudah.

5. Simpul masker

Ikat simpul tali masker untuk meningkatkan efektivitas. Ikatkan tali berdekatan dengan bagian tepi masker.

(Rynerd)

You must be logged in to post a comment Login