Cegah Covid-19 !!! 7 Opsi Solusi Protokoler Kegiatan di Pasar Rakyat Kabupaten Minsel

Minsel,Sulutlink.com- Surat edaran dari PD Cita Waya Esa (CWE) yang mengatur operasional kegiatan pasar rakyat di Kabupaten Minahasa Selatan, menjadi bahan kritikan publik.

Ini setelah publik Minsel mendapati fenomena hiruk pikuk di pasar rakyat 54 Amurang dan Berdikari Tumpaan, sesak penuh dengan pedagang dan pembeli.

Berdasarkan pengamatan dan kajian dilapangan oleh awak media, dimana sebelum diterbitkan surat edaran dari PD CWE terkait hari operasional, kondisi di pasar-pasar rakyat yang ada di Kabupaten Minsel lenggang tidak dipadati warga.

Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu,SE (CEP) bahkan, telah memberikan signal akan mengkaji kembali surat edaran yang dikeluarkan oleh PD CWE tersebut.

Berikut 7 Opsi Solusi Protokoler Kegiatan di Pasar Rakyat Kabupaten Minsel :

  1. Operasional pasar rakyat di Minsel dibuka setiap hari dalam seminggu, guna mengurai penumpukan pergerakan orang di area pasar.
  2. Hanya orang sehat saja yang dapat berdagang dan membeli di area pasar, dengan mematuhi petunjuk protokoler Pemerintah tentang pencegahan covid-19 (menjaga jarak, pakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah membeli/berdagang).
  3. Warga yang berasal atau baru melakukan perjalanan dari luar daerah/negeri yang wilayahnya masuk zona merah penyebaran covid-19, tidak diperkenankan berdagang/membeli diarea pasar.
  4. PD CWE selaku pengelola pasar, wajib menyediakan tempat sterilisasi badan yang memakai zat disinfektan dan tempat cuci tangan dilengkapi sabun, diperuntukan bagi pedagang dan pembeli yang di tempatkan di depan pintu masuk/keluar area pasar.
  5. Sebelum dan sesudah operasional pasar, PD CWE wajib mensterilkan area pasar dengan penyemprotan zat disinfektan.
  6. Jalan masuk dan keluar harus diatur satu arah, agar tidak terjadi penumpukan di titik2/area tertentu.
  7. Pemerintah Kecamatan/Desa/Kelurahan bersama Tripika, Dinas Perdagangan, PD CWE, Puskesmas dan Sat Pol PP, wajib memberikan sosialiasi protokoler pencegahan penyebaran covid-19, kepada pedagang/pembeli dan dilakukan pengawasan melekat di pintu masuk dan keluar area pasar.

Sementara itu Ketua INAKOR Minsel Noldi Poluakan saat dihubungi awak media, Selasa (30/3/2020) menyatakan, mengusulkan kepada Pemkab Minsel untuk mempertimbangkan penerapan 7 opsi solusi protokoler kegiatan di pasar rakyat Kabupaten Minsel. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login