CRISS CROSS SQUEEZE DARI JOGJA

Oleh : Bert Toar Polii

Squeeze adalah salah satu permainan paling menarik di olahraga bridge. Coba dengar berbagai perbincangan di arena turnamen bridge, pasti kata ini akan muncul jika ada perbincangan soal declarer play. Sepertinya cara bermain squeeze adalah salah satu jalan keluar paling ampuh untuk memenuhi kontrak yang sulit.
Pemain akan begitu gembira jika berhasil menyelesaikan permainan dengan menggunakan tema squeeze dan pasti terlihat raut wajah yang gembira untuk membicarakan permainannya.
Sayapun walaupun sudah puluhan tahun bermain bridge masih juga tetap senang jika menemukan tema permainan ini apalagi yang namanya criss-cross squeeze. Sayangnya tema ini membuat kita gembira tapi disatu sisi membuat lawan kita cemberut.
Pada pertandingan session terakhir babak final melawan regu Gunadarma Maesa di Turnamen Bridge Rektor UGM XI di Jogjakarta dua tahun yang lalu saya berhasil menemukan tema permainan ini. Sayang sekali karena kontrak kami bukan “small slam” sehingga hanya menghasilkan 1 imp.

Utara
S A976
H J876
D QJ2
C AJ
Barat Timur
S 1032 S KJ85
H 1054 H Q932
D 98 D A10765
C 76543 C void
Selatan
S Q9
H AK
D K43
C KQ10982
Barat Utara Timur Selatan
Leslie Gontha Tanudjan S Stacia E W Bert T Polii
Pass 1C (1)
Pass 1S (2) Pass 1NT (3)
Pass 2D (4) Pass 3NT (5)
Pass 4NT (6) //

  1. Strong 16+
  2. Balanced 8+ HCP
  3. Relay
  4. 11-13 HCP, 4-4 major atau 44 minor
  5. To play
  6. 12-13 HCP

Leslie memilih lead C7 dimana saya ambil dengan CA lanjutkan CJ dimana Evi panggilan akrab pemain timur discard dua lembar diamond. Selanjutnya saya main DQ dimana Evi langsung ambil dengan DA lanjutkan serang diamond lagi. Saya ambil dengan DJ lanjutkan main diamond lagi dimana Leslie buang selembar club.
Selanjutnya saya mainkan HA dan semua club sehingga tersisa kartu seperti ini ketika saya main club terakhir C8 :

Utara
S A9
H J8
D
C
Barat Timur
S S KJ
H Tidak H Q9
D penting D
C C
Selatan
S Q9
H K
D
C 8

Di dummy saya buang S9 dan Evi kena Criss-Cross sequeeze. Jika ia buang spade maka saya akan main SA dan menggunakan HK sebagai entry untuk memainkan SQ. Sebaliknya kalau ia buang heart maka saya akan ambil HK dan memanfaatkan SA sebagai entry untuk memainkan HJ.
Saya tersenyum tapi Evi meringis 

You must be logged in to post a comment Login