Dana Desa Membawa Perubahan di Kabupaten Mitra

Mitra, Sulutlink.com. Dana Desa (Dandes) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat membawah perubahan yang signifikan bagi semua desa yang ada di seluruh indonesia tak terkecuali di desa kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Seperti halnya di desa Kalait Tiga, kecamatan Touluaan Selatan, kabupaten Minahasa Tenggara, Dana Desa Tahap tiga digunakan untuk pengadaan lampu jalan, rabat beton, bahu jalan dan MCK.

“Pengadaan lampu jalan sebanyak 11 Unit, Rabat beton sepanjang 30 meter, bahu jalan sepanjang 200 meter dan Pembuatan MCK sebanyak 7 unit,” Ujar Hukum Tua Desa Kalait Tiga Royke Tarek.

Lebih lanjut Tarek menjelaskan untuk perkerjaan dana desa di desa kalait tiga semuanya sudah selesai dikerjakan.

“Untuk pekerjaan dana desa di desa kaluar tiga sudah 100 persen selesai,” kata Tarek.

Sementara itu di desa kalait kecamatan Touluaan Selatan untuk pekerjaan dana desa baru mencapai 40 persen.

“Untuk desa kalait ada tiga pekerjaan yang bersumber dari dana desa yakni rabat beton, Talud dan air bersih,” kata ujar hukum tua desa kalait kepada Harian Reportase senin (7/1/3019) kemarin.

Lebih lanjut dia menjelaskan untuk pekerjaan Rabat beton, Talud serta air bersih pekerjaannya sementara di kerjakan oleh masyarakat yang ada di desa kalait.

“Semua pekerjaan yang dibiayai oleh dana desa,pekerjanya semua masyarakat yang ada di desa kalait,”ujar.

Sementara itu kepala dinas PMD kabupaten Minahasa Tenggara Joutje Wawointana menghimbau kepada semua desa yang ada di kabupaten Minahasa Tenggara untuk memanfaatkan dana desa ini sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Di ingatkan kepada semua hukum tua yang ada di kabupaten Minahasa Tenggara untuk memanfaatkan dana desa untuk membangun desa bukan untuk memperkaya diri sendiri,” Tandas Mantan Camat Ratahan ini.

(Rusli.m)

You must be logged in to post a comment Login