DANDIM KEPULAUAN SANGIHE TUTUP DIKSAR MENWA POLNUSTAR

Sulut, Tahuna, Sulutlink.com – Komandan Kodim 1301/Sangihe Sulawesi Utara, Letkol Inf Rachmat Cristanto menutup kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) Bela Negara, Komando Resimen Mahasiswa (Menwa) Angkatan ke X TA 2019 Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) Tahuna.

Upacara penutupan pendidikan dasar Menwa dilaksanakan di kompleks Pelabuhan Tua, Tahuna, Sabtu.

Dandim Sangihe Letkol Inf Rachmat Cristanto, berharap anggota Menwa Polnustar Tahuna yang sudah mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dari pendidikan yang telah diikutinya kiranya dapat menerapkannya di lingkungan kampus.

“Semoga materi yang telah di terima selama pelaksanaan pelatihan terkait internal organisasi Menwa maupun materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dapat dipedomani dan diaplikasikan dalam pelaksanaan fungsi dan peran sebagai mahasiswa dan di lingkungan masyarakat,” kata Dandim.

Dandim mengatakan tujuan dari latihan yang sudah diberikan kepada peserta adalah membentuk mental, moral, disiplin serta kemampuan dasar militer sehingga terwujudnya sikap individu yang disiplin, tangguh dan terampil, serta mempunyai jiwa kerja sama.

Selain itu kata Dandim, anggota Menwa harus memiliki dedikasi yang tinggi dan cinta Tanah Air.

“Pendidikan yang diberikan kepada anggota Menwa meskipun masih berupa latihan tahap dasar, namun para instruktur telah berbagi pengalaman dan ilmu dalam menghadapi kondisi tidak normal agar pada kondisi apapun para anggota resimen mahasiswa mampu bertahan dan sanggup melaksanakan tugasnya secara optimal,” kata Dandim.

Dia mengatakan, menjadi Menwa merupakan panggilan jiwa yang harus dilaksanakan dengan ketulusan dan keikhlasan,

“Menwa merupakan kegiatan positif untuk generasi muda dalam rangka mencintai negara Kesatuan Republik Indonesia dan pentingnya kesadaran bela negara,” kata dia.

Resimen mahasiswa harus terus dikembangkan dan menjadikan barometer untuk generasi muda.

Acara penutupan Diksar Menwa di hadiri oleh Kepala Staf Kodim 1301/Sangihe Mayor Inf Sonny B Saerang, Pasiter Kodim Kapten Inf Meinhard Lolaroh , Pasilog Kapten Rahayu, Pasi Intel Letnan Dua Yulen Maamea Direktur Polnustar, Prof. Dr. Ir Frans Gruber Ijong MSc serta civitas Polnustar.

(ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login