Dekot Manado Bakal Ketambahan Lima Kursi

Manado,sulutlink.com-  Jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado periode 2019-2024 berpeluang ketambahan lima kursi.

Hal ini mengacu pada jumlah penduduk Kota Manado yang saat ini sekira 540.000 jiwa.

Menurut Komisioner Divisi Teknis KPU Manado Ventje Tatimu, sesuai aturan undang-undang, daerah yang memiliki jumlah penduduk di atas 500.000 hingga 1 juta jiwa, jatah kursi DPRD sebanyak 45.

“Sesuai data dari pemerintah kota, saat ini jumlah penduduk Manado yang telah melakukan perekaman e-KTP, sudah di atas 500.000 jiwa. Sehingga, kami akan menyampaikan draft usulan dari berbagai stakeholder dalam uji publik ini ke KPU Provinsi Sulut dan KPU RI agar kiranya dipertimbangkan kembali penambahan kursi DPRD Manado,” ucap Tatimu usai rapat koordinasi dengan stakeholder dalam forum uji publik penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Manado, di Swissbel Maleosan Hotel, (13/2/2018)
Sekadar diketahui, sesuai data Dirjen Kependudukan yang dijadikan acuan KPU pusat, per 27 November 2017, jumlah penduduk Kota Manado terdata hanya sekira 466.000 jiwa. Sehingga, alokasi jumlah kursi DRPD Manado ditetapkan tidak bertambah, yakni hanya 40. Dalam uji publik tersebut, ditetapkan Kota Manado tetap lima daerah pemilihan (Dapil). Dapil I Kecamatan Sario-Malalayang dengan alokasi kursi 8. Dapil II, Kecamatan Tuminting, Bunaken dan Bunaken Kepulauan memperebutkan 7 kursi. Dapil III, Kecamatan Singkil dan Mapanget, dengan alokasi kursi 9, sementara Dapil IV, Kecamatan Paal Dua dan Tikala, 7 kursi. Sementara Dapil V, Kecamatan Wenang dan Wanea akan memperebutkan 9 kursi.

(Onal Gampu)

You must be logged in to post a comment Login