Desa Kanonang Satu Jadi Kampung Tangguh Nusantara

Kawangkoan, sulutlink.com
Lagi, Pemerintah Desa (Pemdes) Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa, kembali mengukir prestasi gemilang.

Sebagai Kampung Tangguh Nusantara oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey. SE bersama Wakil Gubernur, Dr. Steven Kandouw, Kapolda Sulut Irjen Royke Lumowa, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Santos Gunawan Matondang, Ketua Pengadilan Tinggi Manado Arif Supratman, Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI Marinir Domar Rompas, mewakili Kajati Sulut, Asisten Intelijen Stanley Bukara, Danrem 131 Santiago, Brigjen. Prince Meyer Putong, Komandan Lanudsri, Kol. (Pnb), Abram Tumanduk serta Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si bersama Forkopimda Minahasa.
Kampung Tangguh Nusantara ini digagas bersama TNI dan Polri sebagai bentuk sinergitas dan soliditas bersama-sama rakyat yang sedang dalam situasi kebencanaan nonalam pandemi Covid-19.

Selain mencanangkan Kampung Tangguh Nusantara, juga diserahkan bantuan Pemerintah Provinsi Sulut berupa bahan pokok dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada warga dan pemerintah desa untuk Kanonang Raya (5 Desa) serta dengan melakukan penanaman komiditi pertanian.
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dalam sambutannya mengatakan, “saat ini kita memang harus mempersiapkan untuk hidup bersama dengan Covid-19.”

Selain di bidang kesehatan, Gubernur menegaskan bahwa masyarakat juga harus mempersiapkan ketahanan pangan. “Karena kalau tidak bisa-bisa timbul virus baru, virus kelaparan yang pasti akan lebih berbahaya. Jadi, masyarakat harus kerja keras menanam bahan makanan,” tandasnya.

Karenanya gubernur menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri di Sulut yang sudah mendorong dan membantu masyarakat dalam hal ketahanan pangan. Selain itu juga beliau menyatakan pemerintah juga sedang mengupayakan kesejahteraan dengan akan membangun jalan tol yang akan melewati Kanonang Raya sehingga masyarakat akan lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan.

Bupati Minahasa dalam sambutannya, menyampaikan bahwa desa-desa di Kanonang (Raya) memiliki potensi besar yang bisa menunjang ketahanan pangan seperti komoditas kacang tanah. “Kami berterima kasih kepada bapak Gubernur dan wakil Gubernur, Bapak Kapolda, Pangdam serta Forkopimda Sulut yang sudah memilih Desa Kanonang Satu menjadi percontohan dan kiranya bisa memotivasi desa-desa yang lain untuk melaksanakannya,” kata Bupati Royke Roring.
Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kanonang Raya, Hukum Tua Desa Kanonang Satu Lucky Kasenda. SE yang didampingi Sekdesnya Happy Walangitan, menyampaikan ungakapan terima kasih kepada pihak Pemprov Sulut, Gubernur dan Wakil Gubernur, Kapolda, Pangdam, Danlanutsri, Danlantamal, Ketua Pengadilan Tinggi Manado, serta seluruh unsur Forkopimda Sulut.
Begitupun juga kepada Bupati Minahasa, Kapolres Minahasa, Dandim Minahasa serta unsur Forkopimda Minahasa,Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat yang telah hadir dalam pencanangan Desa Tangguh Nusantara ini. Kasenda menambahkan bahwa dirinya tidak mengundang secara pribadi untuk kegiatan serimonial kepada para pejabat tersebut di atas, namun intinya “Program Desalah yang membuat para pemimpin Daerah bersedia hadir di Desa Kanonang Satu,” ujar Lucky*** (Harry)

You must be logged in to post a comment Login