Desa Kanonang Satu Sambut New Normal Dengan Sejumlah Inovasi

Hukumtua Desa Kanonang Satu Lucky Kasenda

Minahasa-Sulutlink.com-Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat jadi pusat perhatian warga Minahasa. Pasalnya, desa tersebut dijadikan sebagai tempat dicanangkannya Kampung Mapalus Mantap Covid-19 oleh Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring Msi, pada Kamis (02/07).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa ini sengaja memilih Desa Kanonang satu sebagai tempat dicanangkannya Mapalus Mantap Covid-19 dikarenakan adanya beberapa inovasi yang dinampakan oleh Pemerintah dan masyarakat desa tersebut.

Inovasi tersebut untuk menyambut program New Normal, dimana Pemerintah Desa (Pemdes) mengeluarkan Perdes No 03 tahun 2020 tentang penanganan covid-19.

Dari perdes tersebut Pemdes mengeluarkan keputusan diantaranya, membentuk tim relawan lawan covid-19, membentuk tim “Juru pemantau Protap covid” (Jumanprovid) yg dikoordinir oleh Ketua DPD, dan untuk lingkup jaga koordinator adalah Kepala jaga. Sampai di keluargapun juga ada Jumancovid yang dikoordinir oleh salahsatu anggota keluarga.

Kepada media, Hukumtua Desa Kanonang Satu Lucky Kasenda menjelaskan bahwa protokol kesehatan harus dimulai dari lingkungan keluarga, ” entah itu seorang anak ataupun orangtua yang menjadi koordinator harus memberikan penjelasan bahwa sebelum keluar rumah harus menggunakan masker dan rajin cuci tangan ataupun sebelum masuk rumah jangan menyentuh apapun sebelum mandi, jadi protap itu harus dimulai dari lingkungan keluarga,” jelasnya.

Inovasi yang lain juga seperti pemdes membentuk kelompok tani, “disediakan lahan, pupuk dan bibit untuk dikelolah agar masyarakat yang produktif tetap bekerja dan berusaha dan tidak ada yang merasakan dampak dari corona ini.” pungkas Kasenda.

Hal yang patut diacungi jempol adalah pemberian stimulus anggara sebesar 1,5 juta Rupiah bagi 95 yang produktif orang untuk dijadikan modal kerja, sementara untuk penyaluran BLT difokuskan kepada para lansia dan orang yang sakit.

Sementara untuk Karang Taruna desa, diberdayakan dengan mengelolah lahan dimana, pupuk bibit dan lahan disediakan oleh pemdes.”mengalihkan kebiasaan para pemuda untuk menggunakan lahan yang ada untuk dikelolah, bukan sekedar piknik-piknik atau santai-santai.” Ujar Pnt dijemaat Kanonang satu.

Ini semua dilakukan oleh Hukumtua dan pemerintah Desa Kanonang Satu dengan tujuan agar semua warga dapat terus berusaha ditengah Pandemi covid sekarang ini.

“Mari terus berdaya di tengah badai corona, jangan diam, terus berdaya dan tetap semangat dalam kemandirian menyambut New Normal” Tutupnya…(Prokla)

You must be logged in to post a comment Login