Desa Sawangan dan Desa Leilem Tiga Salur BLT Tahap II

Sonder, sulutlink.com
Menjelang pemberlakuan “New Normal” di Sulawesi Utara, Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Minahasa tetap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (Dandes) kepada warga masyarakat terdampak bencana nonalam Virus Covid-19.
Seperti pada penyaluran di 2 desa yang ada di Kecamatan Sonder, yakni Desa Leilem Tiga dan Desa Sawangan pada hari Rabu (30/06) di Desa masing-masing.

Selain BLT Dandes, Pemdes – Pemdes tersebut, juga melakukan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) yang bersumber dari Pemerintahan Pusat RI.

Camat Sonder Denny Mangundap.S.S dalam kata pembinaannya terhadap 97 Kepala Keluarga (KK) yang ditetapkan oleh Pemdes Leilem Tiga sebagai penerima BLT Dandes, mengarahkan masyarakat agar bijak dalam memanfaatkan BLT Dandes serta jenis bantuan lainya yang Pemerintah berikan. “Belanjakan bantuan pada kebutuhan bahan pokok makanan, kepedulian pemerintah dalam memberikan dana terhadap masyarakat yang terdampak bencana Coronavirus janganlah disalah gunakan untuk belanja yang bukan untuk kebutuhan bahan pokok makanan.” ujar Mangundap.
Ditambahkan birokrat muda ini, bahwa hal yang paling diingatkan kepada warga masyarakat penerima bantuan pemerintah adalah tidak membelanjakan uang bantuan pemerintah untuk membeli minuman keras (miras) Cap Tikus, lalu mabuk-mabukan di kampung. Camat juga mengingatkan pada Hukum Tua (Kades) Desa Leilem Tiga Foldy Longkeng agar mengawasi masyarakat penerima bantuan dari pemerintah secara serius akan hal ini.

Sejalan dengan Camat Sonder tersebut di atas, Hukum Tua Desa Sawangan Rudy Samola juga mewanti-wanti warga masyarakatnya yang menjadi penerima BLT Dandes dan penerima bantuan pemerintah pusat RI (BST, PKH, BPNT).
“Saya (Rudy Samola. Red) sebagai Hukum tidak memperkenankan adanya masyarakat penerima bantuan pemerintah yang menyalahgunakan uang dari pemerintah untuk membeli Miras. Saya akan pantau terus masyarakat Sawangan ini. Apabila ditemukan ada yang membelanjakan uang bantuan pemerintah untuk miras, saya akan berikan pembinaan dan pinalti untuk dicoret namanya sebagai penerima bantuan.” pungkas Samola.

Di tahap ke 2 ini, Ada 100 KK Penerima BLT Dandes, BST 38 KK, PKH 59 KK dan BPNT 57 KK.
Kegiatan penyaluran berlangsung lancar dan aman sesuai yang dijadwalkan. (Harry)

You must be logged in to post a comment Login