PWI Minahasa Gelar UKW

Foto Bersama Peserta UKW

Tondano-Sulutlink.com-Untuk menghasilkan wartawan yang berkompeten, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kabupaten Minahasa menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar di Gedung BPU Tondano.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 30 wartawan dari Minahasa, Tomohon, Minahasa Utara, Bitung Sangihe dan Talaud ambil bagian dalam kegiatan tersebut untuk menjadi seorang wartawan yang Kompeten. “Ibarat seorang pengendara mobil walaupun mahir dalam mengendarai kendaraan namun jjka tidak mempunyai surat ijin mengemudi (SIM), belum bisa diakui sebagai sopir oleh pihak yang berkompeten” jelas Theo Yusuf dalam sambutannya, Selasa (01/12).

Penguji dari Dewan Pers Theo Yusuf (kemeja Kotak-kotak)

Theo Yusuf yang notabene selaku Koordinator Penguji dari Dewan Pers mengatakan bahwa seorang wartawan diharuskan untuk mengikuti UKW, “seorang wartawan dia harus kompeten, punya kapasitas dan kemampuan, dan yang berhak mengatakan seorang wartawan itu kompeten adalah otoritas Pers, dewan Pers melalui penguji yang mendapat mandat untuk menyematkan wartawan yang kompeten,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa, seorang wartawan akan dicabut hak kompetennya apabila dalam melaksanakan tugas sebagai seorang wartawan melanggar Kode Etik Jurnalis, “jadi jangan bangga ketika seorang wartawan yang memegang hak kompetensi lalu mengabaikan prilaku kewartawanan, maka dari Dewan Pers melalui PWI di daerah akan merekomendasikan untuk mencabut hak kompetensi wartawan,” tegasnya.

Ketua PWI Minahasa Christian Tangkere

Sementara itu Ketua PWI Minahasa Christian Tangkere mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pers melalui para penguji yang sudah hadir selama dua hari untuk menghasilkan wartawan yang kompeten, “atas nama PWI Minahasa mengucapkan terimakasih kepada para penguji yang sudah memberikan motivasi dan bimbingan bagi peserta UKW saat ini, ” ucapnya. (Prokla)

You must be logged in to post a comment Login