Dinas Pariwisata Sulut Dorong Pemkab Dan Pemkot Perdakan RIPPDA Dan RIPOW

Manado, Sulutlink.com – Dinas Pariwisata Sulawesi Utara mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) untuk segera mengurus Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) dan Rencana Induk Pengembangan Objek Wisata (RIPOW).

Kepala Dinas Pariwisata D.A Mewengkang kepada sejumlah awak media mengatakan, pengurusan RIPPDA dan RIPOW adalah kebutuhan lama yang terkatung – katung proses penetapannya.

Menurutnya, untuk tahun 2018 kali ini, Dinas Pariwisata Sulut telah menganggarkan dan memasukan usulannya di DPRD Provinsi Sulut untuk penetapannya.

Dijelaskannya, untuk Kabupaten/ Kota sudah ada beberapa yang sudah mengurusnya dan dilakukan bimbingam oleh Dinas Pariwisata Sulut.

Ditambahkannya, secara aturannya sudah ada, tetapi belum sempat ditetapkan sebagai Perda.

Masalah belum diperdakan RIPPDA dan RIPOW ditingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota tentunya akan merugikan daerah dari sisi pendapatan DAK dari Pemerintah Pusat.

Syarat agar daerah bisa dapat memperoleh DAK dibidang Pariwisata, yaitu daerah wajib membuat dan memperdakan RIPPDA dan RIPOW agar penetapan daerah destinasi wisata terpenuhi secara peripurna. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login