Dinas Pertanian Minsel Kerja Keras Basmi Penyakit Hog Cholera Pada Babi

Minsel,Sulutlink.com – Penyakit Hog Cholera atau Sampar Babi, kembali mengancam sejumlah peternakan babi yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Minsel Ir Nora Saroinsong, M.Si ketika dimintai konfirmasi, Jumat (10/11/2017) membenarkan adanya ancaman penyakit Hog Cholera (Sampar Babi) di Provinsi Sulut.

Nora Saroinsong menambahkan, untuk Kabupaten Minsel memang belum didapati kasus Hog Cholera, tapi untuk Kabupaten/Kota lainnya telah ada kasus tersebut.

“Untuk membasmi penyebaran penyakit Hog Cholera agar tidak masuk di Kabupaten Minsel, maka kami kerja keras walaupun hari sabtu, tetap melakukan vaksinasi anti Hog Cholera kepada babi di sejumlah peternakan dan sekarang ini sudah ada sekitar 10.000 ekor babi yang telah divaksinasi,”ungkap Saroinsong.

Dijelaskannya, walaupun dengan keterbatasan tenaga dokter hewan (di Minsel hanya 1 orang), tapi tak menyurutkan niat untuk memberikan vaksinasi gratis di sejumlah peternakan babi, agar terhindar dari ancaman penyakit Hog Cholera atau Sampar Babi.

Diungkapkan Nora Saroinsong, penyakit Hog Cholera sangat rentan berjangkit pada babi dan tidak menular pada manusia.

“Buktinya, peternak yang bekerja di kandang babi tidak pernah didapati kasus terjangkit penyakit Hog Cholera dan disarankan agar setiap mengkonsumsi daging babi, hendaknya dimasak dengan air mendidih dan dagingnya benar – benar masak untuk dikonsumsi,”ujar Saroinsong. (JoTam)

 

You must be logged in to post a comment Login