Dinas PUPR Minahasa Bangun Ribuan Unit Rumah

Kadis PUPR Minahasa, Rafavy C.Moleong

Tondano, Sulutlink.com – Demi menopang program pemerintah pusat dan daerah sekaligus menghapus daerah yang sudah tidak berkekurangan lagi terlebih bagi desa tertinggal, bahkan tidak ada yang namanya sebutan kota kumuh, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemkab Minahasa sesuai target tahun 2018 berjalan menuntaskan pembangunan sebanyak 1096 unit rumah.

Dari sekian banyak unit rumah anggaran pembangunan sudah ditata sedemikian rupa dan anggarannya berasal dari sumber dana APBD, APBN dan DAK.

“Anggaran menggunakan APBD sebanyak 70 unit rumah, APBN 911 unit serta DAK 115 unit rumah, program ini sangat menunjang makanya diharapkan 2019 tidak ada desa maupun kota kumuh,” tandas Kadis PUPR Pemkab Minahasa Ir. R.C Moleong, M.Si.

Dari tiga mata anggaran tadi menurutnya, kita juga mempunyai program yang kita topang yakni, Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), dengan memberikan bantuan dalam bentuk Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), yang sementara kita bangun di 14 Kecamatan dengan jumlah 70 unit rumah.

“RTLH dikhususkan bagi keluarga yang tidak mampu seperti saudara kita berumur diatas 60 tahun yang sudah tidak bisa bekerja lagi,” pintanya selasa (14/8/2018) diruang kerjanya.

Dikonfirmasi terkait capaian target pembangunan Ia mengakui, diawal pekerjaan dikucurkan dana awal besarnya mencapai 25%, maka dari itu, ketika pekerjaan RTLH sudah mendekati 80% kembali lagi anggaran disalurkan, meski begitu katanya lagi, pemerintah pusat melihat capaian yang kita raih, bilamana kita tidak mencapai konsekwensinya tidak lagi menerima anggaran yang pada akhirnya kita sendiri mengalami kerugian untuk itu target pekerjaan harus dicapai.

Diketahui bantuan stimulan menggunakan APBN dan DAK 1 unit rumah besarnya anggaran mencapai 15 juta namun disalurkan dalam bentuk material, lain halnya dengan bantuan menggunakan APBD bentuk programnya adalah RTLH, per 1 unit rumah besarnya anggaran mencapai 40 juta sama dalam bentuk material. (red/fer)

You must be logged in to post a comment Login