Disperindag dan Team Terpadu Sinergisitas Tindaki Peredaran Boraks

Manado,sulutlink.com- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Manado bersama PD Pasar akan meningkatkan pengawasan bahan-bahan makanan yang dijual di sejumlah pasar tradisional.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya bahan berbahaya (boraks), seperti temuan baru-baru ini.

Menurut Kepala Disperindag Kota Manado Ir Meisje Wollah Msi, dari sisi perlindungan konsumen, pihaknya mempunyai tim terpadu untuk pengawasan bahan pangan.

“Dengan adanya temuan makanan yang mengandung boraks, tim terpadu akan telusuri pedagang hingga produsen makanan. Dengan tujuan untuk memutus mata rantai penggunaan bahan berbahaya yang dilarang ini,” koar Wollah.
Diapun mengaku, sesuai prosedur, pedagang dan produsen yang menjual makanan mengandung boraks telah diberi teguran.

“Jika tidak diindahkan, akan diberi sanksi tegas. Berupa larangan berjualan, pencabutan izin hingga ke ranah pidana,” tegasnya.
Selain itu katanya kami mengimbau agar konsumen lebih selektif jika membeli mie basah. Sejumlah tanda-tanda mie mengandung boraks, yakni kenyal, tidak lengket, mengkilat dan tidak mudah putus.

“Kami kini sementara memantau toko yang disinyalir menjual boraks. Selain itu, kami akan menginvestigasi dan melakukan razia dalam waktu dekat untuk menjadikan pasar aman dan bebas dari bahan berbahaya,” pungkas Wollah.

(Onal Gampu)

You must be logged in to post a comment Login