DPRD Sulut Bersama Pemprov Tetapkan Ranperda Pertambangan dan Mineral Jadi Perda

DEPROV, Sulutlink.com – Rapat Paripurna DPRD Sulut dalam rangka Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertambangan dan Mineral menjadi Peraturan Daerah (Perda), Sabtu (07/09/2019) pagi tadi.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, didampingi Wakil Ketua Stevanus Vreeke Runtu, Wakil Ketua Marthen Manopo, Wakil Ketua Wenny Lumentut dan Anggota DPRD.

Diawali penyampaian laporan Wakil Ketua Pansus Ranperda Ferdinand Mewengkang, setelah melalui pembahasan bersama, mendenarkan pemandangan umum fraksi serta pendapat akhir fraksi, ranperda Pertambangan dan Mineral oleh fraksi menyatakan menerima dan setuju Ranperda Pertambangan dan Mineral menjadi Peraturan Daerah.

dijadikan Perda oleh DPRF Sulut dan Pemprov Sulut, mendatangkan harapan tersendiri dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey kepada wartawan usai paripurna, mengatakan, dengan ditetapkannya Perda diharapkan pengolahan tambang di Sulut lebih tertib.

“dari hasil tambang yang ada  di Sulut bisa mendatangkan manfaat lebih banyak untuk kesejahteraan warga Sulut. Kontribusi akan meningkatkan PAD di Sulut sehingga pembangunan dari harta benda rakyat Sulut melalui pertambangan dan mineral bisa termanfaatkan dengan baik,” ungkap Olly Dondokambey didampingi Wagub Sulut Steven Kandouw.

Sementara, Ketua Pansus Perda Pertambangan dan Mineral Sulut Adriana Dondokambey, yang didampingi Wakil Ketua Panus Ferdinand Mewengkang mengatakan, “Perda ini, masyarakat harus tahu”.

“Harus ada sosialisasi lebih jauh ke masyarakat tentang Perda ini. Karena Perda ini merupakan aturan terbaru dan sudah diterima dan disetujui menjadi perda sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, jadi perda ini, masyarakat harus tahu, pungkas Adriana Dondokambey.

redaksi2Supit September 7 2019

You must be logged in to post a comment Login