Dua Persembahan ODSK Untuk Sulut Hebat di Akhir September 2019

Catatan Dino Gobel

“Sulut Expo” dan “Penerbangan Langsung Manado Davao”

Salam Pesona Indonesia.
Seperti tagline sebuah iklan motor “INOVASI TIADA HENTI”, itulah gambaran perjuangan kerja keras duet kepemimpinan Sulut Hebat, Gubernur Bapak Olly Dondokambey dan Wagub Bapak Steven Kandouw untuk masyarakat Sulut dan daerah tercinta, Sulawesi Utara.

Terbukti, sejak memimpin Sulut pada Februari 2016, sejumlah capaian pembangunan dan prestasi pengakuan nasional bahkan dunia ditujukan terhadap Sulut, yang oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya dijuluki sebagai Provinsi Gerbang Pasifik. Terakhir, Sulut ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas Indonesia dengan “ganjaran” positif yaitu kucuran dana sebesar Rp. 3.5 triliun untuk pembangunan infrastruktur dan aneka fasilitas publik yang akan menyulap Sulut sebagai wajah depan Indonesia di utara.

Nah, inovasi tiada henti. Jangan terjebak di zona nyaman dan kita harus melakukan lompatan besar bagi Sulut tercinta. Pernyataan-pernyataan penuh motivasi ini terus digaungkan Gubernur Olly Dondokambey dalam berbagai kesempatan. Dan pernyataan ini dibuktikan Gubernur Olly melalui dua gebrakan barunya pada akhir September ini, tepatnya antara 26-29 September. Apa gerangan itu?

Pertama adalah, pada 26-29 September nanti, ODSK akan pempersembahkan even berbasis promosi investasi dan pariwisata tentang Sulut di tingkat nasional. Acara itu bernama “Sulut Expo (SE)”. Pelaksanaanya akan berlangsung di gedung Smesco Jakarta.

Dalam konteks capaian kemajuan Sulut yang telah mendunia, SE akan dikemas sebagai sebuah ekspose promosi provinsi Gerbang Pasifik (Pacific Gateway). Berbeda dengan tampilan pameran kelas pameran pembangunan selama ini, SE sekaligus juga diberikan target berupa penguatan branding wajah Sulut sebagai kawasan investasi dan pariwisata dunia. Sekaligus mendatangkan wisatawan dan investor yang bertransaksi melalui even ini.

Yang istimewa dari even ini, Pemprov tidak bekerja sendiri tapi melibatkan paritisipasi masyarakat melalui peran sebuah komunitas bernama Alumando Jakarta yang dimotori Ibu Nova Karouwan dan Bapak Fabian Pascoal dan kawan-kawan. Selain Alumando, Pemprov melibatkan komunitas KKK atau Kerukunan Keluarga Kawanua Jakarta yang diketuai Ronny Sompie. Kedua komunitas ini kemudian merancang kegiatan ini. “Digelar di Jakarta untuk semakin memposisikan branding Sulut sebagai provinsi Gerbang Pasifik Indonesia,” kata Nova Karouwan yang juga owner restoran Manado Rarampa Jakarta.

Kedua adalah penerbangan langsung Manado Davao bersama Garuda Indonesia pada 27 September. Selanjutnya, Garuda akan terbang dua kali seminggu setiap Senin dan Jumat ke Davao. Ini adalah persembahan dari perjuangan ODSK yang melahirkan optimisme. Sebab dibukanya kembali penerbangan langsung Manado Davao diyakini akan menghidupkan potensi perekonomian di kawasan sub region Asia Tenggara yang selama ini matisuri karena antara lain, sejumlah maskapai penerbangan yang membuka rute ini menutup rute tersebut.

Sebagai seorang pemimpin visioner dan merakyat, Gubernur Olly meyakini rute Manado Davao adalah salah satu pintu Sulut melakukan lompatan menggaet pasar Amerika Serikat melalui Manila dan potensi wisatawan dunia yang potensial di Cebu sepeti Korea Selatan.

Nah, belajar dari banyak kegagalan penerbangan langsung Manado Davao di periode kepemimpinan Sulut sebelumnya, kali ini Gubernur Olly yang piawai dalam menggencarkan strategi, melibatkan masyarakat industri pariwisata seperti ASITA Sulut yang diketuai Merry Karouwan II. Pun juga komunitas investasi ikut digencarkan.

Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen ditampilkan memainkan peranan eksekutor. “Kita harus bersama. Team work. Pemerintah dan rakyat tak terpisahkan. Dengan bersama kita bisa lakukan lompatan besar ke depan,” tegas Gubernur Olly yang sejak tahun 2018 lalu ngotot melobi maskapai Garuda Indonesia agar mau membuka rute ini.

“Puji Tuhan. Pak Dirut Garuda Indonesia sudah menghubungi saya. Garuda siap membuka Manado Davao,” ujar Gubernur Olly dalam sebuah rapat kepada saya selaku staf khususnya bidang pariwisata. Saya melihat ada pancaran bangga dan haru karena kecintaan kepada rakyatnya, dari sosok Pak Olly ini ketika itu.

September adalah bulan ceria, kata penyanyi Vina Pandiwinata dalam lagu lawas berjudul “September Ceria”. Keceriaan adalah ungkapan sebuah optimisme seperti yang dihembuskan Gubernur Olly dan pasangannya Wagub Steven bagi Sulawesi Utara di akhir September ini.

Manjo Torang terus menyatu. Melangkah bersama membangun Sulut Hebat. “You are never walk alone” kata sebuah lagu band legendaris.

You must be logged in to post a comment Login