Fanny Legoh: Peran Sektor Pariwisata Sulut terjadi Peningkatan Signifikan

Deprov – Sulutlink.com – Anggota Komisi IV Fanny Legoh memuji keberhasilan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw dalam meningkatkan sektor pariwisata di Sulut.

Hal ini sudah terbukti sejak ditetapkannya pariwisata sebagai salah satu motor pembangunan di Provinsi Sulut. Promosi pariwisata termasuk didalamnya budaya di 15 kabupaten kota dimana-mana gencar dengan berbagai ornamen dan produk wisata maupun wisata kuliner semakin tumbuh pesat, tutur Sekertaris Komisi IV DPRD Sulut Fanny Legoh

Komisi IV Bidang Pariwisata menjadi salah satu program unggulan yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata pemprov Sulut terus mendorong pemerintah dalam rangka peningkatan PAD yang nota bene berupaya terus mensuport berbagai sektor strategis dibidang pariwisata ujar Fanny Legoh saat wawancara khusus [sulutlink.com] diruang kerjanya awal maret 2019 ini.

Lanjut Legoh, bahkan pembangunan daerah lebih khusus peran sektor pariwisata ditahun-tahun terakhir ini terus menunjukkan geliat positif. Diketahui pembangunan daerah sebagaimana nampak pada pertumbuhan ekonomi Sulut tahun 2018 yang mencapai angka 6,01 persen, lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yakni 5,27 persen.Angka kemiskinan yang menurun, dimana hingga akhir tahun 2018 berada pada angka 7,59 persen atau menurun jauh jika dibandingkan kemiskinan pada tahun 2016 yang berada pada angka 8,20 persen, untuk angka pengangguran yang juga mampu ditekan hingga 6,86 persen ditahun 2018, dari sebelumnya 7,18 persen pada tahun 2017.

Untuk itu sektor pariwisata sendiri, dalam tahun-tahun terakhir terjadi peningkatan yang signifikan terkait jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Sulut. Dari sebelumnya ditahun 2016 jumlah wisatawan 48.288 orang, ditahun 2017 berhasil mencapai angka 86.976 kunjungan, dan pada tahun 2018 berdasarkan data terakhir BPS Sulawesi Utara tercatat angka kunjungan Wisatawan selang bulan januari hingga november telah menembus angka 113.255 kunjungan.

Kita ketahui bersama bahwa capaian angka kunjungan Wisman itu dapat ditorehkan berkat dukungan penerbangan langsung Manado -Tiongkok. Ini adalah berkat sinergitas kerja segenap komponen pembangunan didaerah dan dukungan penuh dari pemerintah pusat, serta upaya-upaya strategis segenap stakeholder dalam memperbaiki infrastruktur pariwisata, kualitas SDM pariwisata kuantitas dan kualitas destinasi wisata, termasuk memperbanyak iven-iven pariwisata yang ada di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulut.

Lanjut Legoh juga mengakui bahwa berbagai upaya ini belumlah cukup dan masih perlu untuk terus disempurnakan dalam berbagai aspek, sehingga sangat memerlukan dukungan segenap pihak, termasuk Dinas Pariwisata Sulut maupun staekholder pengembang usaha pariwisata di daerah Nyiur melambai ini.

Diharapkan dallam konteks itu, pemerintah daerah senantiasa mengharapkan karya positif serta kontribusi dari seluruh pengembang usaha pariwisata di daerah ini yang kami yakini akan semakin meningkat dan berkualitas seiring dengan digelarnya even-even bernuansa budaya daerah sulut di 2919 ini.

Maka dengan sendirinya Provinsi Sulawesi Utara kedepannya dapat terus mengaktualisasikan langkah solutif dan antisipatif dalam menjalankan perannya disektor pariwisata diantaranya salah satu andalan kita dan mitra aktif dengan komisi IV DPRD Sulut, serta dalam proses pembangunan berkelanjutan. pungkas Fanny Legoh yang diusung PDIP sebagai Caleg DPRD PROVINSI SULUT Periode 2019 – 2024

edit: Kta09
March, 2019.3

You must be logged in to post a comment Login