Fantastis !!! Wisata Sulut Dikunjungi 100 Ribu Wisman Dan 2,5 Juta Wisatawan Nusantara

Manado, Sulutlink.com – Potensi objek pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara yang banyak menyimpan keindahan alam telah menjadi incaran yang paling diburu oleh wisatawan mancanegara (Wisman).

Tercatat sampai tanggal 1 Oktober 2018 sudah ada 100 ribu wisman dan 2,5 juta wisatawan nusantara yang datang berkunjung di daerah nyiur melambai ini.

Rekor kunjungan wisman ke Provinsi Sulawesi Utara tercipta walaupun di wilayah Sulteng sedang dilanda gempa tsunami dan erupsi gunung Soputan.

Ini membuktikan ketangguhan sektor pariwisata Sulut yang menunjukan bahwa daerah nyiur melambai sangat aman bagi kunjungan wisman dan wisatawan nusantara.

Prestasi kunjungan wisatawan ke Sulut, tak lepas dari strategi pembangunan sektor wisata yang dilakukan oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw yang memimpin daerah nyiur melambai ini.

Sebelumnya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir sebelum OD – SK memimpin kunjungan wisman ke Sulut hanya berkisaran di angka 10 ribu sampai 15 ribu orang per tahunnya.

Sejak OD – SK memimpin Sulut maka pada medio Juli – Desember 2016, kondisi sektor pariwisata Sulut menunjukan tanda membaik.

Ini dibuktikan dengan adanya penaikan kunjungan wisman pada 2017 lalu, sekitar 46 ribu orang dan terus meningkat hingga mencapai 88 ribu orang, dengan dominasi kunjungan wisman terbanyak dari negara Cina.

Dengan adanya kunjungan dari wisman maka telah menguntungkan perekonomian Sulut yang naik mencapai 6,23 persen atau diatas rata – rata nasional.

Bahkan pesatnya pertumbuhan ekonomi, dipengaruhi oleh besarnya spending money wisman di Sulut yang mencapai angka rata – rata Rp 15 juta per wisman dan Rp 5 juta per wisatawan nusantara.(JoTam)

 

 

You must be logged in to post a comment Login