Fenomena Angin Kencang: WOWOR Ingatkan Waspada Adalah Kuncinya

DEPROV, Sulutlink.com – Memperhatikan fenomena angin kencang melanda hampir semua daerah termasuk Ibu Kota Provinsi Sulut (Manado) setiap harinya angin kencang terasa sangat mengganggu aktifitas warga. Bahkan ancaman keselamatan warga.

Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor, kepada wartawan, mengatakan, musibah atau bencana tidak diinginkan terjadi, waspada adalah kunci terbaiknya.

Saat terjadi angin kencang, hindari dan cari tempat aman untuk berlindung, apakah di bawah pohon yang tinggi dan rapuh, karena berpotensi roboh akibat terpaan angin. Hanya tempat aman untuk berlindung hingga situasi dirasa aman.

“Jauhilah sudut-sudut ruangan, jendela, pintu, dan dinding terluar bangunan serta jangan sampai jendela dibiarkan terbuka karena sangat berbahaya,” kata Rocky Wowor yang juga politisi Dapil BMR ini.

Jika sedang berkendara, sebaiknya untuk berhenti sejenak berkendara sambil mengamati jika masih angin kencang, urungkan dulu sambil menunggu redahnya angin.

“Jangan sekali kali berkendara saat sedang terjadi bencana angin kencang. Jika sedang berada dalam kendaraan, segera hentikan laju kendaraan lalu cari tempat perlindungan. Tujuannya untuk meminimalisir resiko yang terjadi jika bencana angin yang terjadi terlalu kencang sehingga bisa menerbangkan benda-benda di sekitarnya,”

Diluar kewaspadaan itu, dirinya juga berharap instansi terkait untuk terus siaga bencana.

“Siaga personil, siaga peralatan dan tentunya siaga selama melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan,” tutup Rocky Wowor yang baru saja ditetapkan sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPRD Provinsi Sulut.

redaksi2Supit September 14 2019

You must be logged in to post a comment Login