Gedung Sekolah SMP Lokon Diresmikan Menteri Pendidikan & Kebudayaan

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.AP hadir langsung dan meresmikan Gedung Sekolah SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon.

1

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak didampingi Wakil Walikota Syerly A. Sompotan turut hadir dalam kegiatan ini yang dilaksanakan di Aula SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon.

Dalam sambutannya Walikota Tomohon atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kesediaan Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.AP bersama rombongan yang berkenan mengunjungi sekaligus akan meresmikan gedung persekolahan SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon pada hari ini.

Pada kesempatan tersebut Walikota memaparkan  gambaran umum Kota Tomohon. Kota Tomohon terletak pada ketinggian 400-1500 meter diatas permukaan laut dengan kisaran suhu 180c – 300c dengan jumlah penduduk akhir tahun 2015 mencapai 103.506 jiwa tersebar di 5 (lima) kecamatan dan 44 kelurahan dengan luas wilayah sebesar 147,21 km2.

“Dari segi Pendidikan, Angka Partisipasi Murni (APM) tingkat SD sebesar 95,5%, SMP sebesar 86,9%, dan SMA/SMK sebesar 87,3%. Sedangkan untuk Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkat SD sebesar 102,20%, SMP sebesar 102,61%, dan SMA/SMK sebesar 97,57%. Rentang selisih yang besar untuk APK dan APM ini menggambarkan minat untuk sekolah di kota tomohon sangat tinggi.” Ucap Walikota.

“Dan dalam upaya mendukung program Indonesia Pintar, maka penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kota Tomohon telah mencapai angka 96,73%, yang merupakan angka tertinggi di provinsi sulawesi utara. Demikian pula dari hasil uji indeks integritas ujian nasional (sebesar 75,22) dan hasil uji kompetensi guru (sebesar 57,37) tahun 2016, telah menempatkan Kota Tomohon pada urutan pertama di Provinsi Sulawesi Utara.” tambahnya.

”Beberapa waktu yang lalu, berkaitan dengan pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2016, telah di-launching gerakan Literasi Sekolah sebagai amanah UU nomor 23 tahun 2015 dan pemecahan rekor MURI Cipta Puisi dengan peserta terbanyak yang melibatkan siswa-siswa SD, SMP, SMA, dan SMK Kota Tomohon. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dalam usahanya kota tomohon menjadi kota literasi.” kata Walikota.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.AP dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Walikota dan Wakil Walikota Tomohon yang telah berhasil dalam menunjang program Pemerintah RI penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kota Tomohon yang mencapai angka 96,73% dan menempatkan Kota Tomohon pada urutan pertama di Provinsi Sulawesi Utara.

”Semoga Prestasi ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah Kabupaten/Kota lain di Sulawesi Utara.” tegas Menteri.

Selesai sambutan dilanjutkan dengan peresmian Gedung SMP oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.AP yang disaksikan oleh Walikota dan Wakil Walikota Tomohon serta jajaran.

Hadir pula dalam acara tersebut jajaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kadis DikBud Prov. Sulut Gemmy Kawatu, SE.M.Si, Ketua yayasan SMP Lokon St. Nikolaus Bpk. Ronald Korompis, Sekretaris Daerah kota Tomohon DR. Arnol Poli, SH.MAP serta jajaran dan undangan.

You must be logged in to post a comment Login