GELAR BIMTEK: BAWASLU SULUT GANDENG PERS, SOSIALISASI TERKAIT PENGAWAS PEMILU AD HOC

DEPROV, Sulutlink.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Sulut, Gelar kegiatan Sosialisasi dalam rangka Pendalaman tentang Tugas Kewenangan Pengawas Pemilu Ad hoc, bertajuk “Bawaslu Sulut, Bertekad Wujudkan Penyelenggara Pilkada Berintegritas”

Kegiatan sosialisasi Pendalaman tugas dan kewenangan pengawas Pemilu Ad hoc, ini diselenggarakan di Hotel Sutan Raja Minut, Sabtu, (29/02/2020)

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam rabgka penyebarluasan informasi kepada publik khususnya dab masyarakat Sulut tentang tugas kewenangan serta kualitas para pengawas Pemilu Ad hoc
Kegiatan di buka langsung oleh ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda SH.

Panitia pengawas (panwas) Ad hoc (sementara) untuk Pilkada Serentak 2020 diminta tingkatkan kualitas, tegas Malonda, yang terutama telah menjadi Panwas Ad hoc (sementara) pada Pemilu 2019 apalagi yang baru pertama kali menangani tuga-tugas secara langsung.

Oleh karenanya, ini memiliki peran sangat penting guna peningkatan dan pemahaman lewat pelatihan bimbingan teknis (bimtek), dan pada intinya kegiatan sosialisasi ini bisa dipahani sebaik-baiknya guna mempedomani pelaksanaan tugas nantinya agar sesuai yang diharapkan.Yang sebelumnya, Ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda juga telah mengemukakan beberaoa hal yang harus dipahami.

“Pemilu yang lalu, prestasi yang dinilainya jadi contoh pelaksanaan pilkada mendatang.
“Malonda mengapresiasi terhadap kinerja panwas Ad hoc (sementara) pada Pemilu 2019 karena menurutnya rekrutmen Panwas Ad hoc itu merupakan langkah awal dan penting karena proses ini akan menentukan kualitas kinerja Pilkada 2020

“Jika yang terpilih sudah memiliki pemahaman dan integritas yang baik, maka hal itu akan sangat membantu pelaksanaan tugas-tugas pengawasan,” Malonda mengingatkan.

Dengan harapan perlunya peningkatan pemahaman pengawas Ad hoc yang baru terpilih nantinya dengan memberikan bimtek yang setidaknya dilakukan dua kali, ” tukas Malonda

“Bimtek pertama dilakukan saat pelantikan kemudian dan bimtek kedua akan dilaksanakan mendekati hari tenang. Mengapa, hal itu penting untuk memastikan pengawas Ad hoc benar-benar memahami tugas, wewenang, dan kewajibannya sebagai bekal saat melaksanakan tugas,” tandasnya

Diharapkab Bawaslu hingga tingkat kabupaten/kota bisa meningkatkan kompetensi pegawas Ad hoc.

Maka dapat diyakini dalam Bimtek ini tepatlah dikolaborasikan dengan memberikan pemahaman yang cukup kami menghadirkan media.

“Bawaslu juga selalu mengikuti dan menyesusikan perkembangan dan diharuskan menggunakan teknologi dalam menjalankan tugasnya.

Komisioner Supriyadi Pangellu, Kepala Divisi Hukum, Humas dan Datin, mengemukakan, pihak Bawaslu akan melakukan kerjasama dengan media dalam penyampaian informasi kepada masyarakat seluas-luasnya, baik program dan sistem pengawasan berkelanjutan.l

“Pastinya Bawaslu Sulut akan terus bersinergi dengan Pers. Karena Peran pers membawa Media nya, sangat penting bagi informasi publik.

Kegiatan Sosialisasi dihadiri sejumlah wartawan dari berbagai media yang ada di wilayah provinsi sulut. (Red2Supit-009

You must be logged in to post a comment Login