Gubernur Apresiasi Suksesnya Kejurda Catur Sulut

 

Manado, Sulutlink.com. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, sangat senang tuntasnya penyelenggaraan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur Se-Sulawesi Utara pada 26-31 Agustus 2018 di Kampus Universitas Prisma Manado, yang memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Sulut dan Piala Tetap Utut Adianto. Hal ini dinyatakan saat acara penyerahan hadiah baru saja (Senin, 3/9), melalui sambutan yang dibacakan Asisten I Bid. Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sulut Drs. Edison Humiang, M.Si mewakili Dondokambey mengapresiasi Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sulut Dr. Johny Petsie Ratu (JPR) memotori pagelaran kegiatan dan sukses 100 persen.

Orang Nomor 1 di Bumi Nyiur Melambai itu, menghimbau atlet, khususnya generasi muda untuk Mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi Kejurnas Catur 2019 yang akan digulir di Aceh nantinya. “Mari mengharumkan nama Daerah (Sulut) di kancah nasional dan internasional”, kata Gubernur yang bangga dengan gairah olahraga merasuk masyarakat, pasca sukses Asian Games 2018 dan sukses prestasi, sembari menyatakan akan menyambut secara khusus duta bangsa asal Sulut yang baru berlaga dan meraih medali di even akbar yang berlangsung di Jakarta-Palembang. Bahkan, Sekolah Catur yang siap didirikan Prisma Group, juga pemberian beasiswa kepada 100 Siswa SMA sampai Mahasiswa yang diinisiasi JPR sangat diapresiasi Gubernur. Khusus untuk Sekolah Catur, akan diupayakan bantuan pendanaan yang nantinya diusul dialokasikan melalui APBD Sulut.

JPR sendiri optimis bahwa Pecatur Sulut akan berhasil meraih Emas pada PON yang akan berlangsung di Papua. “Di PON kita akan mendapatkan emas, dengan cara tidak ambil pemain dari luar”, katanya sembari menambahkan bahwa untuk mendapatkan bibit asli, bakal direkrut pelatih dari Ukraine dan saat ini Pengurus Percasi Sulut sementara berkonsentrasi untuk melahirkan bibit dari Daerah sendiri. Duta Besar (Dubes) Ukraine untuk Indonesia, akan diundang Oktober 2018 mendatang di Lantai V Universitas Prisma, ketika Sekolah Catur diresmikan. Semua itu, menurut Pengusaha itu adalah bagian dari upaya mencerdaskan anak bangsa. (Jr/ds).

You must be logged in to post a comment Login