Gubernur Sulut dan Dubes Thailnad Bahas Kerjasama Sektor Pertanian

Pemprov, Sulutlink.com – Sulawesi Utara gudangnya produk pertanian dan menjadi andalan warga dihampir semua daerah Kabupaten dan kota. Sumber-sumber penghasilan pertanian ini salah satu sektor andalan masyarakat sebagai mata pencarian warga dan akhir-akhir ini menjadi inceran negara-negara luar apalagi Sulawesi Utara sudah dikenal dengan slogan Nyiur Melambai bertahun-tahun lamanya.

Slogan Nyiur Melambai akhirnya menjadi daya tarik bagi negara-negara luar seperti Thailand.

Ini bukti nyata bahwa pemerintahan OD-SK semakin mendapat perhatian khusus pemerintah pusat dalam rangka memperkenalkan produk pertanian secara global.

Baru-baru ini Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mendapat kunjungan khusus Duta Besar (DUBES) Thailand untuk Indonesia Songphol Sukchan beserta delegasinya di Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (17/9/2019).

Kunjungan dikabarkan membahas kerjasama SEKTOR PERTANIAN antara Sulut dan Thailand. 

Gubernur Olly Dondokambey didampingi Jajaran Pejabat Pemprov, Sekdaprov Edwin Silangen, Kepala Dinas Pertanian Sulut Novie Wowiling dan sejumlah investor Thailand.

Diketahui, Gubernur Olly saat menyambut kedatangan Dubes Thailand tidak sendirian tapi membawa sejumlah investor dalam rangka memperjelas bagaimana cara meracik silo atau tempat penyimpanan jagung di Sulut.

Ternyata Investor Thailand sangat tertarik dengan adanya kontribusi berpeluang sangat besar dimana potensi komoditas jagung di Sulut bisa diolah lagi sebagai pangan dan produk lainnya.

Menurut rencana, silo tersebut lokasinya akan dibangun di wilayah perbatasan Kabupaten Minahasa Selatan dan Bolaang Mongondow,” ungkap Gubernur Olly

Usai membahas terkait SILO, Gubernur Olly dan Dubes Thailand beralih melanjutkan sesi pertemuan mebahas rencana kerjasama pengembangan bibit jagung dan padi di Sulut, dimana pengembangan bibit jagung ini diharapkan berdampak pada peningkatan produksi jagung dan padi di kedua daerah tersebut. Belum ada konfirmasi sampai sejauh mana pertemuan tersebut telah membuahkan kontribusi kerangka saling menguntungkan kedua pihak.

Menurut rencana, Dubes Thailand bersama rombongan juga akan mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, untuk melihat secara langsung apakah ini juga akan tertarik bagi Negeri Gajah, sebagai peluang bisnis berinvestasi di Sulut.

Redaksi2Supit September

You must be logged in to post a comment Login