Gulir PSU Hari Sabtu, KPU Sulut Berupaya Perjuangkan Umat Advent

Manado, Sulutlink.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) sementara menganalisis langkah terbaik untuk mengakomodir hak demokrasi umat Advent yang terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), sesuai rekomendasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulut. Pasalnya, PSU akan digulir pada Hari Sabtu (27/4), mendatang.

“Kita tetap berupaya memperjuangkan, kalau ada ruang, berdasarkan hukum untuk melayani umat tertentu (Advent) yang beribadah Hari Sabtu, dan dilayani setelah jam ibadah, kita akan upayakan”, kata Ketua KPU Sulut Dr. Ardiles Mewoh kepada Sulutlink.com.

Saat itu juga (Kamis, 25/4) Dosen Universitas Samratulangi ini dan tim dari KPU Sulut, menjumpai Pimpinan GMAHK Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur (UKIKT), Pimpinan GMAHK Konferens & Daerah Se-Sulut, Tokoh Advent dan Warga Advent di Kantor Advent Jalan Sarapung Manado. Ia memberi penjelasan, karena banyak pertanyaan sehibungan pelaksanaan kegiatan PSU yang tepat Hari Sabtu sebagai Hari Ibadah Umat Advent (Sabat).

“Pada prinsipnya kami datang di sini itu untuk menyampaikan informasi dengan pertimbangan-pertimbangan hukum, terkait dengan pelaksanaan PSU yang kita jadwalkan hari Sabtu. Kita menyadari bahwa ini adalah hari Ibadah bagi Umat Advent. Namun, kami diperhadapkan dengan pertimbangan-pertimbangan hukum antara lain, misalnya soal teknis Pemilu yakni ketersediaan logistic (pencetakan Surat Suara), masih adanya rekomendasi (dari Bawaslu) yang terus diterima sampai hari ini yang berakibat PSU harus kita undur sampai Hari Sabtu”, urai Mewoh.

Menurutnya, pilihan yang diambil itu setelah konsultasi juga dengan banyak pihak kompeten, termasuk KPU di Maluku dan Papua. “Karena Hari Sabtu adalah Hari Terakhir, Jadwal PSU 10 Hari sesudah Pemilu (17 April 2019), paling lambat. Ini pilihan yang terakhir dari jadwal yang tersedia”, katanya.

Karena itu, Mewoh memohon mohon permakluman Majelis Gereja Advent. “Dengan segala kerendahan hati, kami tentu bermohon untuk dimaklumi, terkait dengan jadwal pelaksanaan PSU di seluruh Wilayah Sulawesi Utara, dimana tempat kami bertanggung jawab melaksanakan proses Pemilu 2019”, katanya melalui Sulutlink.com lagi, usai berterima kasih kepada pimpinan dan semua Pemuka Gereja yang turut ambil bagian mendoakan, sehingga Pemilu 2019 dapat dilaksanakan serentak pada 17 April 2019 lalu, dengan kondisi aman dan damai.

red007

You must be logged in to post a comment Login