Harga Kopra Anjlok, Ratusan Petani Kelapa Demo PT CARGILL Amurang

Aksi Demo Petani Kelapa Minsel dan Mitra di PT CARGILL Amurang

 

Minsel, Sulutlink.com – Sedikitnya sekitar ratusan petani kelapa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra), menggelar aksi demo di depan PT CARGILL terkait harga pembelian kopra di tingkat para petani mengalami anjlok, dan dianggap tidak sebanding dengan pengeluaran yang harus dikeluarkan para petani kelapa saat ini.

“PT CARGILL Amurang harus bertanggung jawab atas anjloknya harga kopra yang terjadi di Minsel dan Mitra saat ini. Dan kami minta pihak perusahaan dapat memenuhi tuntutan para petani hari ini,” ungkap Koordinator demo, Setli Kohdong pada sela-sela aksi demo, Rabu (21/11/2018).

Dikatakan Kohdong, anjloknya harga kopra saat ini bukan hanya disebabkan turunnya harga kopra di pasar global. Namun lanjutnya, pihak petani mencurigai adanya permainan oleh oknum-oknum tertentu yang mengatur harga pembelian.

Lanjut dikatakannya, pihak PT CARGILL harusnya bertanggung jawab atas anjloknya harga kopra ditingkat petani. Sebab sebagai perusahaan pembeli kopra tentunya mampu menjawab apa yang menjadi harapan dan kesusahan para petani kelapa di Minsel dan Mitra saat ini.

Sementara itu, pihak PT CARGILL melalui Maneger perusahaam Imelda Tandako SE, saat ditemui media mengatakan, anjloknya harga kopra saat ini bukan kesalahan yang dibuat pihak pabrik, melainkan adanya penurunan harga kopra dipasar global (roterdam) sekarang ini sehingga mempengaharui harga pembelian yang dilakukan perusahaan kepada para petani kopra.

“Dalam menentukan harga tentunya berdasarkan pada harga pasar global. Karena kami tidak berani menentukan harga itu mengikuti keputusan harga pasar global,” jelas Imelda

Dikatakan Imelda pula, untuk menjawab aksi demo para petani kelapa, pihaknya akan menyampaikan apa yang menjadi keluhan dan keresahan para petani kelapa kepada pimpinan yang ada dipusat.

Sementara itu, aksi demo tersebut mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian dalam hal ini Polres Minsel dibawah pimpinan AKBP FX Winardi Prabowa, SIK dengan jumlah anggota yang diterjunkan sekitar 170 personil. (R/palit)

 

 

You must be logged in to post a comment Login