Harga Tiket Jakarta-Manado Naik Drastis: Bagaimana Industri Pariwisata Sulut?

Manado, Sulutlink.com. Akhir-akhir ini beberapa stakeholder Pariwisata di Sulut mulai mengeluhkan kondisi harga tiket pesawat Jakarta-Manado yang melonjak tajam yang dapat berpengaruh negatif terhadap industri pariwisata di Sulut.

Menurut Merry Karouwan, Ketua Asita Sulut menyampaikan kepada Sulutlink.com bahwa kenaikan harga tiket domestik dapat berdampak menurunnya wisatawan nusantara (Wisnu) ke Sulawesi Utara.

“Kenaikan harga tiket domestik yang signifikan beberapa bulan terakhir, bisa menurunkan jumlah turis yang akan datang ke Sulut. Harga tiket kisaran 2.8 juta rupaih (oneway) dari Jakarta ke Manado, dan dari Manado ke Jakarta terasa memberatkan. Turis akan memilih ke tempat lain bahkan ke luar negeri.” ujar Merry kepada Sulutlink.com, Kamis, (3/1).

Menurut GM Peninsula Hotel di Manado, I Putu Anom Dharmaya, hunian hotel terutama libur Natal dan Tahun Baru kali ini agak sepi. Harga tiket memang menjadi salah satu penentu bagi wisatawan khususnya domestik untuk mementukan pilihan tempat tujuan wisata. Seperti halnya di Hotel Peninsula Manado. 60 % penghuni hotel ini menggunakan moda transportasi udara.

“Harga tiket tinggi menyebabkan berkurangnya penumpang pesawat. Berkurangnya penumpang pesawat mengakibatkan berkurangnya tamu (hunian) hotel. 60 % dari total tamu yang nginap di hotel naik pesawat.” ujar Putu, GM Peninsula Hotel di Manado kepada Sulutlink.com, Kamis, (3/1).

Merry dan Putu juga mengharapkan semoga maskapai penerbangan akan memberikan harga tiket yang terjangkau, karena ini sepenuhnya wewenang mereka. Seperti diketahui, harga tiket ada batas maximum dan minimum, dan yang dijual maskapai belakangan ini rata-rata mendekati harga maximum.

“Dengan harga tiket pesawat naik tajam, wisatawan nusantara dapat memilih ke luar negeri karena harga tiket International tetap stabil, apalagi kondisi yang sulit saat ini.” tutup Merry Karouwan.

“Kita sebagai pelaku usaha perhotelan berharap situasi yang seperti ini segera bisa diselesaikan dengan baik. Tarif harus dinormalkan kembali.” Harap Putu. (Denny Sondakh)

You must be logged in to post a comment Login