HONGARIA MAKIN MEMINATI TEPUNG KELAPA ASAL SULUT

Manado, Sulutlink.com – Pembeli asal Hongaria semakin meminati produk tepung kelapa asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menyusul di awal tahun ini permintaannya cukup tinggi.

“Di awal tahun 2020, Sulut mengekspor tepung kelapa ke Hongaria sebanyak 26 ton, dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 35.256 dolar Amerika Serikat (AS),” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Darwin Muksin di Manado, Selasa.

Darwin mengatakan Hongaria adalah sebuah negara terkurung daratan di Eropa tengah, yang secara rutin membeli produk turunan kelapa yang satu ini.

“Hampir setiap bulan terjadi transaksi pembelian tepung kelapa antara pengekspor asal Sulut dan buyers dari Hungaria,” kata Darwin.

Harus diakui, negara-negara di bagian Eropa sangat meminati tepung kelapa asal Sulut untuk dijadikan bahan olahan makanan dan kue.

Ia menjelaskan pihaknya berharap petani dan pengekspor terus meningkatkan kualitas produknya, sehingga permintaan akan semakin tinggi.

Pemerintah akan terus mencari pasar baru sehingga tepung kelapa Sulut akan merambah pasar Asia, Eropa, Amerika dan Afrika.

Untuk masuk di pasar internasional tidak mudah karena banyak persyaratan yang perlu dipenuhi.

Harus diakui, lanjut dia, pasar tepung kelapa Sulut keancanegara cukup besar dan Eropa paling sering membeli tepung kelapa asal Sulut dibandingkan negara lain di Asia, Amerika, dan Afrika.

Oleh karena itu, kualitas dan kuantitas produk harus dijaga dengan baik, jangan sampai mengecewakan pembeli. “Karena untuk mendapatkan satu pembeli internasional butuh waktu yang cukup lama,” katanya.

Pemerintah, lanjut dia, akan terus memfasilitasi para pengekspor di Sulut sehingga mendapatkan pasar baru, agar harga semakin bersaing.

Saat ini tujuan ekspor tepung kelapa Sulut mencapai puluhan negara dan diharapkan akan terus bertambah untuk mampu memenuhi kebutuhan dunia.

Negara Hongaria terletak pada Basin Carpathia dan berbatasan dengan Austria di sebelah barat, Slowakia di sebelah utara, Ukraina di sebelah timur, Rumania di sebelah tenggara, Kroasia dan Serbia di sebelah selatan, Slovenia di sebelah barat daya. Dalam bahasa setempat, negara ini dikenal sebagai Magyarország yang berarti daerah Magyar.

Hongaria membentuk kumpulan Visegrád bersama Polandia, Slowakia dan Republik Ceko. Kota terbesar dan ibu kotanya adalah Budapest. Hongaria juga termasuk anggota NATO, Uni Eropa, Organisasi Kerja sama dan Perkembangan Ekonomi, dan Perjanjian Schengen. Bahasa resminya adalah bahasa Hongaria, yang merupakan bahasa non-Indo-Eropa yang paling banyak dituturkan di Eropa.

(ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login